Api di Pulau Seram Sulit Dipadamkan – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Api di Pulau Seram Sulit Dipadamkan

MASOHI, AE—Bencana kebakaran  di wilayah Kabupaten Maluku Tengah mendapat perhatian serius  semua pihak. Tak terkecuali Detaseman B Pelopor  Brimob Amahai.

Satuan khusus  Polri yang bermarkas di wilayah Pulau Seram ini, terpanggil untuk  turun langsung ke lokasi dalam misi mencegah makin meluasnya  kebakaran hutan.

“Personil Brimob detasemen B Pelopor kita kerahkan ke titik-titik terjadinya kebakaran hutan guna bersama-sama dengan instansi teknis terkait dilingkup pemkab Malteng maupun instansi vertikal  memadamkan api  di kawasan hutan di wilayah Utara Pulau Seram. Terkhusus di  Dusun Maneo dan Dusun Pasahari Desa Seti Kecamatan Seram Utara Timur Kobi,” ungkap Kaden B Pelopor Brimob  Amahai Kompol Handri Wira Suriyana.

Dikatakan, personil Brimob yang diterjunkan ke lokasi kebakaran selain murni merupakan bentuk aksi kemanusiaan, juga merupakan aktualisasi dari pelaksanaan instruksi  Kepala Satuan Brimob Polda Maluku kepada jajarannya.

“Anggota Brimob yang  turun langsung ke lokasi kebakaran hutan di Dusun Maneo dan Dusun Pasahari  sebanyak 50 personil yang merupakan personil gabungan dari Staf Detasemen B dan Subden 1 Detasemen Pelopor. Ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kasat Brimob Polda Maluku Komisaris Besar Herman Sikumbang,” terang Suriyana.

Dikatakan, kebakaran hutan di  dua  wilayah tersebut dan umumnya di Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah cukup kompleks. Luas wilayah dan akses jalan  cukup menyulitkan upaya pemadaman.  Ini diperparah dengan minimnya  sumber air akibat musim kemarau panjang di wilayah pulau Seram saat itu.

“Meski pemadaman hanya bisa dilakukan dengan cara sederhana yakni, mematikan langsung api dengan menggunakan ranting kayu dan perlatan seadanya di lokasi kebakaran, kondisi itu tidak menyurutkan semangat personil dilapangan untuk memberikan upaya maksimal mencegah makin meluasnya kebakaran hutan dan dampak yang ditimbulkan,” tandasnya.

Kondisi terakhir, kebakaran hutan di Maneo dan Pasahari diketahui sudah terkendali. Upaya pemadaman yang dilakukan tidak sia-sia meski hanya dengan peralatan seadanya. (MYX)

Most Popular

To Top