Kejaksaan Ajak Pengusaha Tingkatkan Ekonomi Maluku – Ambon Ekspres
Amboina

Kejaksaan Ajak Pengusaha Tingkatkan Ekonomi Maluku

AMBON,  AE.—Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku, Chuck Suryosumpeno, mengajak para pengusaha di Maluku, untuk bersama-sama dengan pemerintah dan semua pihak yang ada di daerah ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Suryosumpeno usai mengadakan coffe morning dengan para pengusaha di kantor Kejati Maluku, pekan kemarin.

Dikatakan, guna mewujudkan penegakan hukum berketuhanan, adil dan manusiawi, Kejaksaan di Maluku membangun komunikasi dengan semua lini termasuk dengan para pengusaha yang ada di daerah ini. Hal tersebut bertujuan guna meningkatkan perekonomian di Maluku.

‘’Karena sebagaimana diketahui bahwa, rendahnya penyerapan anggaran yang membuat salah satu faktor tidak berkembanganya perekonomian di suatu daerah. Kejaksaan sangat mendorong untuk bagaimana dengan pemerintah dan para pelaku usaha bersama-sama membangun perekonomian di daerah ini (Maluku red),“ ujarnya.

Dijelaskan, ada dua hal penting dalam penegakan hukum. Yang pertama, penegakan hukum dengan tindakan representatif. Kedua penegakan hukum yang preventif. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh kejaksaan seperti menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah maupun para pengusaha merupakan penegakan hukum preventif.

“Kegiatan seperti ini, merupakan kegiatan preventif. Karena lewat kegiatan ini, Kejati Maluku terus berupaya untuk bagaimana Maluku bisa maju di bidang perekonomian. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat lebih baik,” terangnya.

Dalam kegiatan itu, Suryosumpeno menghimbau agar para pengusaha tidak terjebak sehingga dapat melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Salah seorang pengusaha yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Telekomunikasi BPD HIPMI Maluku memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif yang dilakukan Kejati Maluku. Pasalnya, dengan adanya kegiatan tersebut, dapat diketahui bahwa imej kejaksaan yang menyakitkan itu tidak nampak.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Kejati Maluku dengan menjalin komunikasi dengan para pelaku ekonomi di Maluku,’’ tuturnya.

Menurutnya, banyak hal yang masih perlu dibenahi bersama dengan pemerintah daerah. Misalnya regulasi maupun perizinan. Hal itu, harus didiskusikan bersama dengan para pemangku kebijakan yang ada di Maluku. Sehingga dapat bersama memajukan perekonomian di Maluku.

“Apa yang dilakukan Kejati Maluku patut dicontohi. Hal ini harus dilakukan juga oleh pemerintah maupun stakeholder yang lain, sehingga semua lini dapat bekerjasama, untuk membangun ekonomi di Maluku,“ tandasnya. (AFI)

Most Popular

To Top