5 Pertarungan Besar di 2016 – Ambon Ekspres
Trending

5 Pertarungan Besar di 2016

Ambon dan SBB Dipimpin Caretaker

AMBON, AE— Tahun depan akan menjadi babak awal pertarungan besar para politisi kawakan di Maluku. Richard Louhenapessy, Ramli Umasugi, dan Tuasikal Abua akan kembali berproses untuk mempertahankan kursi bupatinya.

Sementara Bitzael Silvester Temmar, akan berakhir masa kerjanya pada 2017 sebagai bupati, dan Jacobus Puttileihalat akan mengakhiri masa kuasanya di Seram Bagian Barat tahun depan.

Richard Louhenapessy dipastikan akan bertarung lagi di Kota Ambon. Dengan siapa dia akan berpasangan, baginya banyak pilihan. Ramli Umasugi juga akan menghadang lawan-lawannya untuk merebut kursi Bupati Buru. Tuasikal Abua akan bertarung untuk mempertahakan kursi Bupati Maluku Tengah.

Tahun 2017 pemungutan suara untuk MTB, SBB, Maluku Tengah, Buru, dan Kota Ambon. Prosesnya akan dimulai awal tahun 2016. Kota Ambon, dan SBB akan diisi oleh caretaker pada pertengahan tahun depan. Abua, Ramli, dan Bitzael akan berakhir masa jabatannya pada awal 2017.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) provinsi Maluku Musa Latua Toekan menyebutkan, pentahapan pilkada serentak untuk lima kabupaten sudah dimulai pertengahan tahun 2016, tapi persiapannya sudah dari awal tahun 2016.

Untuk Pilkada tahun 2017, lanjut Toekan, pemungutan suara akan dilaksanakan secara serentak pada bulan Februari 2017. Tapi, KPUD masih harus menunggu Peraturan KPU (PKPU) tentang pelaksanaan jadwal pentahapan hingga pada pemungutan suara nanti.

Anggota KPU Provinsi Maluku divisi Teknis, La Alwi, menegaskan, pentahapan Pilkada serentak tahun 2017 sudah harus dilakukan paling terlambat delapan bulan sebelum hari pemungutan suara.“Boleh dikata dari bulan Maret 2016 itu persiapan sudah mulai dilaksanakan,” katanya.

KPUD telah siap untuk melaksanakan hajatan demokrasi di lima daerah itu, hanya saja KPUD masih harus menunggu PKPU sebagai payung hukum sekaligus petunjuk pentahapan Pilkada serentak. “Peraturan KPU akan turun di awal tahun depan,”tandasnya.

Sebagaimana diketahui, untuk Pilkada serentak pertama, 9 Desember 2015 akan dilaksanakan di empat kabupaten di Maluku yakni kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, dan kabupaten Maluku Barat Daya.

Sebanyak dua pasangan calon yang maju di Pilkada kabupaten Buru Selatan yakni pasangan Tagop S. Soulissa-Ayub Saleky dan pasangan Rivai Fatsey-Anton Lesnusa. Di kabupaten SBT juga diikuti dua pasangan calon yakni pasangan Mukti Keliobas-Fachri Husni Alkatiri dan pasangan Siti Umuriyah Suruwaky- Sjaifudin Goo.

Di kabupaten kepulauan Aru, diikuti empat pasangan calon yakni pasangan Abraham Gainau-Jafrudin Hamu, Wellem Kurnala-Asis Goin, Obed Barends-Eliza Darakay dan pasangan calon Johan Gonga-Muin Sogalery.

Sementara bursa calon kepala daerah Kabupaten Maluku Barat Daya diramaikan oleh dua pasangan calon yakni pasangan Nicholas Kilikily-Johanes Frans, Moses Maahury-Kim Devitz Marcus, dan pasangan Barnabas Orno-Benjamin Noach. (MAN)

Most Popular

To Top