Cacingan Menyerang Orang Dewasa, Produktivitas Bisa Menurun – Ambon Ekspres
Kesehatan

Cacingan Menyerang Orang Dewasa, Produktivitas Bisa Menurun

Perilaku hidup yang kurang bersih membuat anak-anak di Indonesia rentan terkena cacingan dengan prevalensi mencapai 28 persen. Namun demikian perlu diingat bukan berarti orang dewasa tak bisa terkena.

dr Sri Kusumo Amdani, SpA(K), dari Rumah Sakit Harapan Kita mengatakan bahwa penyakit cacingan sering kali disepelekan. Menurutnya mungkin karena penyakit tak terlalu membahayakan sehingga orang-orang menjadi kurang waspada.

Padahal kasus infeksi parah dapat menyebabkan gejala anemia yang menimbulkan kelelahan dan rasa lesu akibat nutrisi tubuh yang disadap oleh si cacing. Akibatnya tentu produktivitas akan menurun dan bisa berpengaruh juga ke pendapatan.

“Semua golongan umur dan juga golongan ekonomi bisa kena. Karena cacingan ini di Indonesia merupakan tempat yang sangat ideal,” kata dr Amdani pada pencanangan Gerakan Waspada Cacingan di Sasana Griya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

dr Amdani menjelaskan orang dewasa yang terinfeksi cacing biasanya terkena ketika mereka jajan jajanan yang tak higienis.

Menurutnya sekitar 40 persen penderita cacingan diketahui suka jajan di kaki lima dan jarang menerapkan perilaku hidup bersih sehat seperti mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun.

Tangan yang kotor adalah pintu masuk berbagai penyakit tak hanya cacingan saja. Oleh karena itu sering disosialisasikan bahwa selalu cuci tangan setelah buang air, membersihkan sesuatu, sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, dan setelah menyentuh hewan.

“Pokoknya kalau orang sudah higienis bisa pakai jamban, sebetulnya cacingan ini bisa hilang sendiri,” tutup dr Amdani. (fds/vit)

Most Popular

To Top