Manfaatkan Budaya Tradisional Buat Pariwisata Maluku Semakin Bergairah – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Manfaatkan Budaya Tradisional Buat Pariwisata Maluku Semakin Bergairah

SEKTOR pariwisata disetiap daerah kini berkembang pesat. Pariwisata Maluku pun demikian, semakin bergairah. Terlebih untuk meningkatkan turis asing ke negeri raja-raja ini.

Hal tersebut seperti diucapkan oleh Branch Manager Garuda Indonesia, Sonny Pongoh. Menurutnya, pariwisata di Maluku semakin bergairah, bisa dilihat dari pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

“Pariwisata Maluku semakin bergairah. Hal itu terlihat dari pertumbuhan kunjungan wisatawan yang semakin meningkat tajam saat ini,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, menarik turis untuk datang ke suatu destinasi tak harus menyuguhkan paket wisata. Budaya tradisional bisa menjadi daya tarik.

“Banyak budaya tradisional di Maluku yang bisa menjadi daya tarik yang cukup kuat. Atau desa-desa wisata di kabupaten-kabupaten yang dapat dimanfaatkan keindahan alamnya sebagai tujuan wisata dan mampu mendongkrak ekonomi lokal,” paparnya.

Selain itu, infrastruktur yang memadai pun sangat dibutuhkan. Dan juga aneka kegiatan berbasis budaya lokal untuk dinikmati wisatawan.

“Apa yang kita layani adalah pengalaman bagi wisatawan dengan aneka kegiatan, yang berbasis budaya lokal,” katanya.

Mungkin, katanya, dari berbagai bentuk budaya tradisional yang dilakukan selamam ini, masyaraakat kegiatan itu sudah biasa dilakukan.

“Namun, bagi turis, khususnya asing kegiatan budaya tradisional itu jadi pertunjukan yang mungkin belum pernah dilihat sehingga mampu dijual sebagai paket wisata,” sarannya.

Most Popular

To Top