Surya Paloh: Pertahankan Semangat Gotong Royong – Ambon Ekspres
Trending

Surya Paloh: Pertahankan Semangat Gotong Royong

Ribuan Orang Hadiri Deklarasi MADEIN Maluku

MASOHI, AE— Masyarakat Indonesia diminta untuk terus mengobarkan semangat gotong royong dalam menjalani kehidupan berbangsa, dan bernegara. Semangat gotong royong merupakan nilai kearifan yang harus tetap dipertahankan.

“Semangat gotong royong ini yang harus terus kita ingatkan kepada saudara-saudara se-tanah air. Bahwa semangat gotong royong itu adalah anugerah tata nilai bangsa ini yang seutuhnya dan sebenarnya. Maka semangat itu tidak boleh hilang,” ujar Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, saat acara Deklarasi Masyarakat Demokrasi Indonesia (MADEIN) Maluku di Lapangan Nusantara, Masohi, Maluku Tengah, Maluku, Kamis (5/11).

Dalam deklarasi tersebut, Surya Paloh diangkat sebagai Ketua Dewan Pembina MADEIN. Acaraa tersebut dihadiri ribuan simpatisan dan warga sekitar. Dirinya menegaskan bahwa semangat gotong royong yang menjadi identitas bangsa Indonesia sejak lama tidak boleh tergerus kemajuan dan modernisasi.

Meski tidak ditampik kemajuan teknologi, dan modernisasi turut berperan dalam perjalanan dan kemajuan bangsa. “Bahwa kemajuan dan modernisasi dalam bidang sosial dan ekonomi memang lebih baik, tapi tidak boleh menghilangkan sistem tata nilai yang sudah kita miliki,” tegasnya.
Untuk itu, sambung dia, sudah menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat Indonesia untuk mempertahankan kearifan lokal, budaya, serta adat istiadat. Menurutnya, nilai-nilai kearifan lokal tersebut yang dipastikan akan memperkuat kesatuan bangsa. “Kita akan kuat.

Indonesia butuh semangat nasionalisme dan kebangsaan yang lebih hebat lagi. Kita harus bangkit dari kemalasan sehingga kita bangkit lebih kuat,” tegasnya.

Surya meyakini, ketika semangat gotong royong tersebut tetap dipertahankan, Indonesia bisa tampil hebat, tidak hanya di kawasan Asia tapi juga di dunia. “Kita mau kearah itu,” imbuhnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada pemerintah untuk bekerja keras memenuhi cita-cita bangsa. Adapun cita-cita bangsa adalah mengantarkan kehidupan masyarakat yang sejahtera, makmur, dan adil. “Hari ini perjuangan kita menuju itu masih jauh. Masih banyak rakyat yang susah,” tandasnya.

Sementara terkait dengan lahirnya MADEIN, dirinya berharap bisa menjadi wadah dan garda terdepan untuk mengawal demokrasi di Indonesia. Bahwa demokrasi di Indonesia harus memiliki tujuan untuk memajukan bangsa.

“Yang perlu dicamkan, MADEIN bercita-cita untuk melaksanakan demokrasi Pancasila yang seutuhnya. Jangan sampai demokrasi tidak sejalan dengan Pancasila. Jika itu terjadi, artinya kita ingkari proklamator,” tegas Surya.

Untuk itu, diharapkan semua masyarakat untuk semakin mencintai bangsa Indonesia. “Ini yang diperlukan sebagai bangsa. Cinta kepada bangsa, cinta kepada konsepsi dan gagasan Indonesia. Indonesia memerlukan ini,” harapnya.

Sementara itu Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abu, selaku Pembina MADEIN Maluku menyatakan, deklarasi Ormas ini memberikan angin segar bagi kemajuan nilai-nilai demokrasi di Maluku Tengah, secara khusus dan Maluku secara umum. Tuasikal juga memberikan apresiasi atas deklarasi MADEIN di Kota Masohi.

“Kami memberikan apresiasi karena dari sekian banyak kabupaten dan kota di Indonesia, Maluku Tengah dijadikan daerah deklarasi MADEIN. Semoga dapat membangkitkan patriotisme, nasionalisme dan menerohkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Tuasikal.

Sebelum deklarasi digelar, Surya Paloh yang datang dengan kapal cepat disambut puluhan perahu nelayan dari Teluk Amahai, Masohi. Begitu tiba di Pelabuhan Amahai, ia juga disambut secara adat oleh masyarakat setempat bersama Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, dan wakilnya Marlatu Leleuri. Ia juga diarak dengan kain gandong, simbol persaudaraan dan tarian khas setempat.(MYX)

Most Popular

To Top