Format Baru – Ambon Ekspres
Trending

Format Baru

Salam hangat untuk semua!!
Hari ini Koran Harian Ambon Ekspres, tampil beda dari edisi sebelumnya. Pembaca setia, mitra dan relasi kami, mungkin kaget dengan tampilan yang tiba-tiba muncul di hadapan Anda. Perubahan format ukuran ini, fisik koran menjadi lebih simpel.

Kalau sebelumnya ukuran lebar koran tujuh kolom, kini hanya enam kolom koran atau lebar koran 325 mm X 540 mm dikurangi menjadi 280 mm X 540 mm.

Perubahan ini secara eksternal tidak ada yang tahu. Bahkan tidak ada yang menduga kalau Sabtu, (7/11) hari ini, menjadi tampilan perdana kami untuk koran ukuran enam kolom. Kami sadari, sebelumnya tidak ada ingar-bingar dalam seremoni atau sosialisasi kepada khalayak tentang perubahan ini.

Ini pula bukan tiba masa tiba akal atau sebagai kemunduran, tapi sebagai strategi untuk menyiasati kebutuhan pasar dan memudahkan pembaca di tengah ketatnya persaingan media cetak saat ini.

Ambon Ekspres bukan yang pertama kali tampil di jajaran Grup Jawa Pos. Grup kami di daerah lain sudah lebih awal melakukannya. Bahkan mereka sudah merasakan pengakuan atas kepuasan pembacanya terhadap koran yang bermigrasi terhadap format enam kolom ini.

Tampilannya terasa lebih handy. Pas untuk bacaan dalam kendaraan pribadi saat menempuh perjalanan. Selain itu, secara fisik korannya tidak mengganggu “tetangga sebelah” saat dibaca dalam pesawat terbang ataupun dalam bus. Muda-mudahan ini format yang lebih nyaman digunakan penerbit untuk menyapa pembaca di tengah aktivitas pembaca yang tinggi.

Penampikan koran kami hari ini, masih sebatas pengenalan kepada pembaca. Sisa akhir tahun 2015 ini, kami menerbitkan satu atau dua kali dalam seminggu, yakni setiap hari Sabtu dengan ukuran enam kolom sebagai hadiah akhir pekan Anda.

Jumlah halamannya pun masih sama dengan sebelumnya, yakni 20 halaman. Untuk hari Senin sampai dengan Jumat kami masih menemui pembaca dengan format ukuran tujuh kolom. Memasuki Tahun 2016 nanti, Ambon Ekspres akan menerbitkan format enam kolom secara rutin kepada pembaca, mitra dan relasi kami.

Perubahan format surat kabar tak bisa dipungkiri lagi dan sudah menjadi tuntutan kemajuan zaman. Adanya perubahan pola konsumsi dan gaya hidup pembaca merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut, disamping faktor lain seperti perkembangan teknologi media cetak.

Dalam bisnis media cetak, perubahan format ukuran yang lebih kecil ini tentu ada kelemahan. Semisal ukuran iklan juga secara otomatis akan berubah dari sebelumnya. Wartawan dan editor juga tidak sebebas menulis dan mengedit berita yang panjang-panjang.

Untuk itu ketepatan penyesuaian redaksional kami akan sesuaikan dengan kolom yang ada. Demikian pula halnya dengan penulisan opini sudah tidak sebebas dalam format koran ukuran tujuh kolom seperti sebelumnya.

Kami yakin muda-mudahan inilah format yang paling tepat dan pas bagi konsumen surat kabar di Maluku saat ini. Ke depan Ambon Ekspres, akan terus melakukan inovasi sesuai tingkat kebutuhan pembaca dan pengiklan itu sendiri.

Namun dalam perjalanan kita juga akan melakukan kajian dan evaluasi setiap edisinya, sehingga kepuasan pengiklan dan pembaca benar-benar tercermin dalam Koran kesayangan Anda ini.(*)

Most Popular

To Top