KPU Siap 9 Desember Pilih 4 Bupati – Ambon Ekspres
Trending

KPU Siap 9 Desember Pilih 4 Bupati

AMBON, AE— Komisi Pemilihan Umum mulai menyiapkan logistik Pilkada serentak 9 Desember 2015. Lembaga penyelenggara pemilu itu memastikan, proses pemungutan dan penghitungan suara akan berjalan sesuai jadwal.

Ketua KPU Buru Selatan, Saib Sabi saat dihubungi Ambon Ekspres via telepon, Kamis (6/11) mengatakan, proses pengadaan logistik berupa surat suara, tinta, formulir BA, C, C1, DB dan DAA dan kotak suara tengah dilakukan.

“Sekarang sudah masuk tahap verifikasi perusahaan pemenang tender pengadaan logistik pilkada Bursel. Perusahaan asal Surabaya dan Bandung yang memenangkan tender. Staf kami sedang melakukan verifikasi administrasi terhadap perusahaan tersebut,” katanya.

Dia memastikan, seluruh logistik tersebut sudah bisa disiapkan dalam bulan ini. Sementara untuk distribusi ke kecamatan, direncanakan pertengahan November hingga lima hari menjelang pemungutan suara 9 Desember 2015.

“Kami pastikan dalam bulan ini semua logistik sudah kelar. Kalau beberapa hari kedepan ada yang sudah dicetak, akan didistribusikan pertengahan bulan ini juga,” paparnya.

Sabi menjelaskan, pencetakan surat suara sesuai dengan jumlah DPT 51.210 ditambah 2,5 dari total jumlah DPT. “DPT yang ditetapkan 51.210 yang tersebar di lima kecamatan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 152. Tapi, nanti ada DPT tambahan. Jadi surat suara akan ditambah,”ungkapnya.

Anggota KPU Kepulauan Aru, Mustafa Darakay mengatakan, kesiapan menjelang satu bulan pencoblosan sudah mencapai 80 persen. Khusus logistik, dua perusahaan pemenang tender, CV Cipta Mandiri dan CV Makassar Grafika. “Kesiapan KPU Aru sudah mencapai 80 persen. Untuk logistik, PPK sementara melakukan proses pencetakan pada perusahaan pemenang tender,”ujarnya.

Dikatakan, pencetakan suara disesuaikan dengan jumlah DPT yang telah ditetapkan 57.461 yang akan didistribusikan ke 226 TPS dan 117 Desa. Namun, lanjutnya, akan ditambah dengan 2,5 persen dari jumlah untuk pencoblosan ulang maupun menggantikan kertas suara yang rusak saat pendistribusian maupun penyortiran.

“Jumlah surat suara sesuai DPT di tambah 2,5 persen. Surat suara ini akan digunakan apabila ada pencoblosan ulang,” katanya.

Anggota KPU Seram Bagian Timur, Taib Wangsi mengatakan, sampai saat ini, pihaknya terus mempersiapkan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Pengadaan logistik, kata dia, juga dilakukan di Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Maluku.

“Intinya KPU sudah siap menggelar pemilihan 9 Desember mendatang. Pengadaan logistik sudah dilelang. Kemungkinan dalam minggu ini sudah dicetak,” katanya.
251.960 Warga Berhak Memilih

Sementara itu, sebanyak 251.960 warga kabupaten Buru Selatan, Aru, SBT dan Maluku Barat Daya akan menggunakan hak politiknya pada pilkada serentak di empat daerah itu. Dengan rincian SBT 95.775 dengan 192 TPS, Aru 57.461 pemilih dan 226 TPS , MBD 47.514 dan 117 TPS serta Bursel 51.210 pemilih dan sebanyak 117 TPS.

Pilkada empat kabupaten ini diikuti oleh 11 pasangan calon bupati dan wakil bupati. Di SBT terdapat pasangan, Abdul Mukti Keliobas-Fachri Husni Alkatiri dan Sitti Umuriah Suruwaky-Sjarifuddin Goo.

Sedangkan Pilkada Aru ada 4 paslon, Wellem Kurnala-Asis Goin, Johan Gonga-Muin Sogalrey, Gainau-Jafrudin Hamu dan Obed Barends-Eliza Darakay. MBD tiga paslon, Simon Mosse Maahury-Kim Devits Marcus, Nicolas Johan Kili-Kili-Johanis Hendrik Frans yang diusung partai Nasdem dan PKB, dan paslon Barnabas Orno-Benyamin Noach yang didukung PDIP, Golkar dan PKPI.

Dan Pilkada kabupaten Bursel diikuti dua pasangan calon, yakni Tagop Soulisa dan Ayub Saleky yang diusung oleh PDIP, Hanura, Nasdem, PKB, Golkar, PKPI, Demokrat, PPP dan pasangan Rivai Fatsey-Anton Lesnussa direkomendasikan oleh Partai Gerindra dan PAN.(TAB)

Most Popular

To Top