UKM Disiapkan Masuk Pasar Global – Ambon Ekspres
Amboina

UKM Disiapkan Masuk Pasar Global

AMBON, AE.—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku siap mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bisa menghasilkan produk berkualitas dan masuk dalam pasar global, dengan memanfaatkan jaringan atau rantai pasok global dari ritel-ritel bertaraf nasional maupun internasional.

“Sekarang kita akan mendorong produk lokal agar tidak hanya dijual di dalam negeri, akan tetapi melalui rantai pasok global,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Maluku, Bustaman Ohorella, di Ambon.

Ohorella menjelaskan, pada tahun 2015 ini diharapkan produk lokal daerah ini bisa memiliki porsi yang banyak dan terus meningkat.

Menurutnya, selain mendorong UKM untuk bisa masuk ke rantai pasok global, beberapa langkah yang telah dilakukan oleh Disperindag baik dari tingkat provinsi maupun kota, untuk mengembangkan UKM, diantaranya memberikan peluang dan edukasi terkait kiat produk yang baik, teknik pemasaran serta kemasan.

“Selain itu juga memberikan pendampingan, dan juga akses pemasaran,” katanya.
Hal ini dilakukan, dalam berupaya memberikan pemahaman tentang peningkatan pemasaran produk lokal menuju MEA.

“Kegiatan tersebut dilakukan agar pelaku UMKM siap menghadapi MEA pada Desember 2015 termasuk menghadapi arus barang masuk nantinya,” ujarnya. (IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!