Gunung Botak Ditutup 14 November – Ambon Ekspres
Trending

Gunung Botak Ditutup 14 November

TNI Siap Sikat Yang Membangkang

Ambon, AE— Pemerintah Kabupaten Buru akhirnya akan menutup total tambang Gunung Botak. Penutupan akan berlangsung tanggal 14 November nanti, namun para penambang sudah diminta meninggalkan Gunung Botak secara bertahap mulai kemarin.

TNI siap mengawal keputusan pemerintah untuk mengosongkan lokasi tambang dari penambang.

Kesepakatan penutupan itu dicapai dalam rapat dengan semua unsur baik pemkab Buru, TNI, Polri, instansi terkait dan aktivis. Sebelumnya sosialisasi gencar dilakukan oleh pemerintah dibantu TNI kepada para penambang maupun pemilik mesin pengolah emas.

Wakil Bupati Buru, Juhana Soedrajat yang memimpin rapat tersebut, kemarin mengatakan, semua upaya telah dilakukan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Buru. Namun, upaya yang dilakukan itu belum maksimal. Untuk itu dalam rapat kemarin, semua pihak diminta tegas dalam proses pengosongan Gunung Botak.

Menyikapi keputusan pemerintah, Ketua DPRD Kabupaten Buru, Iksan Tinggapy menyatakan, mendukung keputusan pemerintah, sekaligus menindak tegas siapa saja yang mengabaikan keputusan pemerintah. Sejak menjadi anggota DPRD Kabupaten Buru, dia sudah menegaskan agar lokasi tambang segera ditutup dan ditata dengan baik.

Dirinya juga sudah memanggil para tetua adat yang berdomisili di sekitar areal lokasi tambang illegal, untuk membahas soal penghentian aktivitas penambangan yang sudah sangat berdampak negatif bagi kehidupan masyarakat.

Namun, belum ada tindakan tegas untuk menutup lokasi tambang, ini mengakibatkan para penambang terus melakukan aktivitas penambangan.

Wakapolres Buru, Kompol Rizal menyatakan, siap mengamankan keputusan pemerintah untuk menutup lokasi tambang Gunung Botak sesuai dengan hasil rapat yang dibahas itu. Halnya senada juga disampaikan Dandim 1506 Namlea, Letkol inf Faisal Rizal.

Dandim juga menyatakan siap membantu kepolisian guna menindak tegas, jika ada yang membangkang dalam penutupan lokasi tambang nanti.

Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten Buru, Masri mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi penutupan lokasi tambang sejak, Senin (9/11) hingga tanggal 13 November nanti.

Dan pada 14 november itu sudah mulai dilakukan tindakan tegas dalam mengamankan keputusan Pemerintah Daerah Kabupaten Buru untuk menutup lokasi tambang Gunung Botak.(CR8)

Most Popular

To Top