Keanekaragaman Budaya, Bentuk Karakter dan Citra Daerah – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Keanekaragaman Budaya, Bentuk Karakter dan Citra Daerah

KEANEKARAGAMAN budaya daerah, merupakan potensi sosial yang dapat membentuk karakter dan citra budaya pada masing-masing daerah. Di samping itu, keanekaragaman merupakan kekayaan intelektual dan kultural sebagai bagian dari warisan budaya yang perlu dilestarikan.

Setiap daerah atau suku memiliki budaya masing-masing yang merupakan warisan dari para leluhur dan juga budaya asing yang telah ada sebelum dan sesudah kemerdekaan, sehingga bermuara pada kebudayaan nasional.

“Keanekaragaman budaya daerah tersebut merupakan potensi sosial yang dapat membentuk karakter dan citra budaya tersendiri,” kata Josep Antonius Ufi, MA, salah satu pemerhati masalah sosial budaya di Maluku.

Seiring dengan peningkatan teknologi dan transformasi budaya ke arah kehidupan modern serta pengaruh globalisasi, warisan budaya serta nilai-nilai tradisional masyarakat adat tersebut menghadapi tantangan terhadap eksistensinya.

Hal ini perlu dicermati karena warisan budaya dan nilai-nilai tradisional mengandung banyak kearifan lokal yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Menurutnya, dengan melestarikan budaya daerah pun akan berpengaruh terhadap upaya pemersatu bangsa, maka otomatis seluruh kalangan yang ada di daerah ini akan ikut menjaga dan melestarikannya keanekaragaman budaya daerah tersebut.

“Disamping itu generasi muda pun perlu dikenalkan dengan budaya nenek moyang dan leluhurnya, agar dapat mengenal silsilah budaya serta asal usulnya,” paparnya. (IWU)

Most Popular

To Top