Waspadai Maraknya Aksi Pencurian – Ambon Ekspres
Metro Manise

Waspadai Maraknya Aksi Pencurian

AMBON, AE— Saat ini aksi pencurian semakin marak di Ambon. Warga diharapkan bisa waspada sehingga tidak menjadi sasaran tamu tak diundang itu.

Kapolres Ambon AKBP Komaruz Zaman melalui Kasubbag Humas Iptu Meity Jacobus menandaskan, seiring dengan maraknya aksi pencuriaan yang selalu terjadi, pihak kepolisiaan berharap masyarakat dapat waspada.

Waspada dari segala kemungkinan yang dapat memberikan peluang kepada pelaku leluasa dalam melakukan aksinya.

“Sejauh ini yang kita pantau dari laporan pengaduaan masyarakat soal pencuriaan banyak terjadi di tempat umum maupun perumahan warga. Kita sangat berharap agar warga lebih waspada terkait pencuriaan yang sering terjadi.

Intinya jangan berikan peluang kepada pelaku dengan gampang mengambil harta benda kita. Pastikan keamanan rumah dan barang berharga baik itu berupa sepeda motor maupun barang berharga lainya,” tandas Meity diruang kerjanya, Kamis (12/11).

Disampaikan, saat ini pihaknya kembali menerima dua laporan pengaduaan warga terkait pencuriaan. Salah satu korbanya, La Udi (28) warga Ongkoliong Desa Batu Merah. Maling menyantroni rumahnya saat keluarganya tengah tertidur lelap.

BACA JUGA:  Waspadai Penggunaan Produk Illegal

Aksi pencuriaan itu terjadi pada Rabu (11/11). Aksi ini baru diketahui sekira pukul 06.30 WIT oleh adik korban yang baru bangun dan hendak menuju ke WC.

Adik korban ini sempat terkejut saat melihat pintu dapur sudah dalam keadaan terbuka. Dia kemudian memberitahukan kepada kakaknya. Korban kemudian bangun dan memastikan kalau ternyata benar ada maling yang sudah masuk ke rumahnya.

Setelah diperiksa, ternyata sejumlah uang, emas dan barang berharga lainnya sudah dibawah kabur maling.

Korban yang merasa dirugikan dengan perbuatan pelaku langsung melaporkan kejadian ini ke polisi. Kerugian yang dialami korban diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Aksi serupa dialami seorang anggota TNI AD yang bermukim di kawasan BTN Manusela. Sepeda motor miliknya yang biasa digunakan untuk beraktifitas dibawa kabur pencuri.

Saat itu korban yang mau pergi melaksanakan tugas hendak mengambil sepeda motor merk Yamaha dengan nomor polisi B 3104 UBI warna ungu yang diparkir di depan rumahnya.

BACA JUGA:  Waspadai Penggunaan Produk Illegal

Dia terkejut karena ternyata sepeda motor itu sudah tidak ada. ‘’Kejadian ini sudah dilaporkan ke polisi. Sementara masih dalam penyelidikan,” kata dia.

Disingung, soal pelaku yang sering melakukan aksinya di wilayah Kota Ambon ini, apakah ada indikasi mereka berkelompok atau tidak, dirinya belum bisa memastikan itu. Soalnya, kata dia, sejauh ini penyelidikan terhadap kasus pencurian sepeda motor maupun pencurian di rumah warga belum ditemukan adanya indikasi yang mengarah ke suatu sindikat tertentu.

‘’Sejauh ini, untuk kasus-kasus pencurian baik itu curanmor atau diperumahan warga, belum ada indikasi pelaku berkerja secara kelompok. Kita tidak bisa pungkiri untuk kasus-kasus pencuriaan sering terjadi di Kota Ambon.

Semuanya masih dalam penyelidikan polisi. Intinya kita sangat berharap masyarakat lebih waspada dalam menjaga harta bendanya. Pastikan keamanan rumah dan juga barang berharga baik di rumah maupun di tempat umum,” pungkas dia.(ERM)

Most Popular

To Top