Dispar Buru Raih Prestasi di Festival Film Kementrian Desa – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Dispar Buru Raih Prestasi di Festival Film Kementrian Desa

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buru yang baru dibentuk tahun ini sudah menunjukan prestasi yang baik untuk kabupaten berjuluk Bupolo ini. Prestasi yang diraih adalah menjadi pemenang dalam Festival film pendek daerah tertinggal tahun 2015 untuk kategori film penokohan terbaik. Festival ini diselenggarakan  Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Heri Setiyono, salah satu produser film yang berjudul Patroli Kole-Kole (Patkol) yang mewakili Kabupaten Buru saat dihubungi via telpon selulernya kemarin mengatakan, film yang dibuat sejak satu bulan lalu itu menjadi salah satu pemenang kategori film penokohan terbaik. Judul film ini menyisihkan 122 judul film yang menjadi peserta dalam festival yang diikuti seluruh daerah di Indonesia.

Dimana penilaian dewan juri, film yang mengakat cerita tentang panorama alam pedesaan dengan tidak meninggalkan kultur keaslian desa itu dan digarap selama 1 bulan mendapat poin tertinggi.

Lanjutnya, film itu juga menceritakan aktivitas keseharian masyarakat pedesaan yang tertinggal di Buru. Namun, keindahan alam dan kekayaan alam desa membuat masyarakat dapat terus mempertahankan hidup dan tergantung dengan Sumber Daya Alam yang ada di salah satu desa di Kabupaten Buru itu.

Herry juga mengatakan, persaingan ketat ada dalam festival film yang digelar oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dimana penjurian dilakukan sangat spesifikasi salah satunya, tidak meninggalkan kearifan lokal desa.

Kata Herry, dengan adanya film-film yang ditampilkan dari seluruh Indonesia itu, pihak Kementrian Desa akan lebih mengenal mana saja desa-desa tertinggal di Indonesia, dan berupaya untuk mendatangi langsung desa-desa tersebut dan dibantu, sehingga kedepan menjadi desa yang maju dan tidak tertinggal lagi.

“kami menggarap film penokohan dengan judul Patroli Kole-kole itu selama satu bulan, dan dikemas dalam durasi 10 menit. Dan film yang kami buat itu menjadi juara pada salah satu kategori. (Di film) Kami ingin menampilkan dan menunjukan keindahan alam yang ada di desa-desa Kabupaten Buru,” jelasnya.

Sebagai juara, Dispar Kabupaten Buru berhak mendapatkan hadiah berupa piala, penghargaan dan uang tunai sebesar Rp 10 juta. Herry juga mengatakan, festival film pendek itu akan digelar setiap tahun dan harapannya agar kedepan penampilan dari Kabupaten Buru dapat lebih baik lagi dari sekarang. (CR8)

Most Popular

To Top