10 Tahun Terminal Transit Tak Tuntas – Ambon Ekspres
Trending

10 Tahun Terminal Transit Tak Tuntas

AMBON, AE.—Pembangunan terminal Transit Passo yang berlokasi di negeri Passo kecamatan Baguala Ambon, hingga kini masih belum tuntas. Proyek miliaran rupiah ini belum juga diselesaikan oleh pemerintah kota.

Warga sekitar meminta agar pemerintah bisa segera mempercepat proses pembangunan terminal. Sehingga di tahun 2016 mendatang, terminal transit sudah bisa digunakan.

Pantauan Ambon Ekspres, hingga kemarin (Minggu 22/11), terminal Transit Passo terlihat sepi, dan tidak ada aktivitas pekerjaan apapun. Namun jika dilihat dari kondisi bangunan yang telah dibangun serta kondisi halaman yang nantinya digunakan untuk mobil angkut, sekitar 60 persen baru selesai dikerjakan.

Kondisi gedung berlantai 3 ini masih terlihat seperti biasanya, namun proses pengerjaan sudah mulai perlahan dilakukan. Mulai dari proses pemasangan atap, plafonnya baru sebagian yang dikerjakan. Namun untuk pagar depan terminal transit ini, sudah hampir selesai dikerjakan.

Yacob Batlaery (62) salah satu warga Passo, ketika ditemui Ambon Ekspres mengaku kesal dengan sikap pemerintah yang lambat dalam membangun terminal tersebut. Pasalnya, seluruh masyarakat khususnya warga Passo sudah sangat menantikan terminal transit ini segera diselesaikan.

“Ini memang terminal transit Passo yang sementara dikerjakan. Padahal terminal ini sudah bertahun-tahun dikerjakan. Mungkin hampir sepuluh tahun kalau tidak salah. Karena pertama terminal ini dikerjakan itu sudah sangat lama,” kata Yacob, di sekitar lokasi terminal Transit Passo, Minggu (22/11).

Menurutnya, bukan baru sekarang proyek megah ini berhenti , tapi sebelumnya juga mengalami hal yang sama. Dimana ketika proses pengerjaan berlangsung, tiba-tiba proyek tersebut terhenti tanpa alasan yang pasti dari pemerintah. Namun kemudian pekerjaan kembali berlangsung, dan kembali berhenti.

“Kalau sepengatahuan saya itu, sudah lama terminal ini dikerjakan, tapi kemudian berhenti kerja lagi. Tapi tiba-tiba dilanjutkan lagi kerjaannya. Intinya, kita sebagai warga menginginkan agar kalau bisa secepatnya dikerjakan. Jangan hanya menghabiskan anggaran yang besar, tetapi tidak sampai selesai,” sindirnya.

Dirinya berharap, pemerintah jangan hanya janji, tetapi bagaimana merealisasikan apa yang sudah dijanjikan kepada masyarakat. Terminal itu sangat dibutuhkan masyarakat sekitar dan masyarakat lainnya.

“Warga di sini sangat mengharapkan agar terminal bisa segera diselesaikan dan bisa difungsikan. Agar pasar transit juga bisa dipindahkan ke sini. Sehingga warga tidak dipersulit. Kalau bisa di tahun 2016 itu, terminal transit sudah bisa difungsikan. Itu harapan kami sebagai warga,” pintanya.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Ambon Rofik Akbar Afifudin, ketika dikonfirmasi mengatakan, terminal transit Passo dipastikan selesai dalam tahun 2015. Sehingga di tahun 2016 sudah bisa difungsikan oleh masyarakat. Karena yang memiliki kewenangan penuh, kata dia, ada pada Dinas Perhubungan (Dishub) kota Ambon.

“Kalau terminal saja, dipastikan tahun ini selesai. Dan komisi III akan terus mendorong agar tahun ini harus selesai. Untuk lokasi terminal transit itu, ada dua kewenangan yakni Dishub kota Ambon dan Disperindag kota Ambon. Karena bukan saja terminal yang dibangun, tetapi juga akan dibangun ruko-ruko yang nantinya ditempati para pedagang,” ungkap Rofik.

Ketua DPC PPP kota Ambon ini mengaku, dari koordinasi dengan Pemkot Ambon, untuk lokasi tersebut nantinya akan dilakukan pengaspalan serta pemasangan lampu pada lokasi terminal.

“Terminal ini harus bisa difungsikan di tahun 2016, namun harus siapkan diri dari sekarang. Artinya, skenario lalu lintas harus disiapkan dari sekarang. Agar ketika difungsikan tidak lagi ada persoalan menyangkut tata pengaturan lalu lintas,” tutur Rofik.

Anggota Komisi III DPRD Ambon Saidna Azhar Bin Taher menambahkan, proses pembangunan terminal transit Passo untuk tahun 2015 hanya difokuskan pada lantai satu. Yang dikelola sendiri oleh pihak Pemkot Ambon.

“Memang dari anggaran dianggarkan khusus untuk lantai satu. Agar untuk tahun 2016 bisa segera ditempatkan terminal transit Passo. Dan harapan kita ini semoga di tahun 2015 ini, proses pembangunan terminal transit sudah bisa selesai,” harap Azhar.

Politisi muda asal PKS ini mengatakan, sudah ada koordinasi antara DPRD Ambon dengan pihak Pemerintah kota Ambon lewat dinas terkait pada saat pembahasan bersama rencana kerja anggaran (RKA). Ada jaminan dari eksekuif untuk menyelesaikan terminal transit di tahun 2015 ini.

“Ada jaminan dari kadis sendiri untuk bisa diselesaikan tahun ini. Tetapi kita belum melakukan proses evaluasi. Maka itu, komisi III mendorong untuk secepatnya diselesaikan,” pungkas Azhar. (ISL)

Most Popular

To Top