Pesan Surya Paloh Buat Louhenapessy – Ambon Ekspres
Trending

Pesan Surya Paloh Buat Louhenapessy

AMBON, AE.—Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berobsesi, mengusung figur di internal partai besutan Surya Paloh itu, maju pada Pilkada kota Ambon tahun 2017. Partai yang memperoleh suara terbanyak ke tiga di kota Ambon pada Pemilihan Legislatif 2014 ini memiliki sejumlah kader yang dinilai potensial untuk diusung menjadi calon wali kota, disamping kemungkinan koalisi dengan calon incumbent, Richard Louhenapessy.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke kota Ambon beberapa waktu lalu, ketua Umum Nasdem, Surya Paloh menyempatkan diri memenuhi undangan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy untuk makan malam bersama.

Dalam pertemuan itu, keduanya dikabarkan sempat membicarakan Pilkada kota Ambon serta kemungkinan Nasdem mengusung kadernya menjadi calon wakil wali kota, mendampingi Richard Louhenapessy dalam perhelatan politik lima tahunan itu nanti.

Informasi yang diterima Ambon Ekspres, untuk membangun hubungan politik baik dengan Nasdem, wali kota tak hanya mengundang Surya Paloh makan malam, politisi Partai Golkar ini juga sempat menemuinya di Bandara Internasional Pattimura. “Sempat dibicarakan soal koalisi,” kata sumber ini.

Kendati demikian, sejumlah pengurus Nasdem yang dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui pasti pembicaraan antara Surya Paloh dengan Richard Louhenapessy tersebut. Termasuk tentang kemungkinan koalisi. “Saya belum dengar resmi tentang itu,” kata ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Maluku Hamdani Laturua, Minggu (22/11).

Terkait persiapan Nasdem, menghadapi Pilkada kota Ambon, Laturua mengatakan, hingga kemarin pihaknya belum bergerak. Itu akan dilakukan setelah ada petunjuk resmi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Termasuk tentang penentuan figur, baik di internal Nasdem maupun dari luar Nasdem.

“Jadi belum ada persiapan. Pokoknya,ini masih mentah. Belum berproses sampai pada tingkat figur, pun belum. Karena persoalan figur, kan disampaikan melalui pengumuman pendaftaran. Siapa yang berkeinginan untuk memakai kendaraan politik Nasdem, dapat mendaftarkan diri,” jelasnya.

Sesuai mekanisme di internal Nasdem, pertimbangan untuk memutuskan layak tidaknya figur untuk diusung dalam Pilkada, melalui beberapa tahapan. Setelah pengumuman pendaftaran, proses pendaftaran jalan, lalu pendaftar melengkapi semua persyaratan administrasi. Tahapan selanjutnya adalah survei tentang elektalibalitas semua figur yang mendaftar di Nasdem. Baik figur di internal Nasdem maupun dari luar Nasdem.

Sekretaris DPW Nasdem Maluku Abdullah Marasabessy, mengakui pertemuan antara Surya Paloh dengan Richarad Louhenapessy. Namun, tidak mengetahui pasti keinginan Surya Paloh untuk mengusung kader Nasdem, mendampingi Louhenapssy dalam Pilkada kota Ambon nanti.

Pihaknya juga tidak melihat pertemuan keduanya itu dari sisi politik, tapi itu bentuk silaturahmi antara Surya Paloh yang merupakan mantan kader Golkar dengan Louhenapessy yang masih tetap menjadi kader Golkar.

“Pak Surya Paloh sebelumnya satu partai dengan pak Richard di partai Golkar. Jadi pertemuan itu sebagai penghormatan untuk senior. Soal kemudian pertemuan itu, lalu ada pembicaraan lain, termasuk tentang Pilkada Kota Ambon, kami belum tahu sampai ke situ,” sebutnya.

Marasabessy mengakui, secara internal, pihaknya berkeinginan mendorong kader, disamping peluang yang sama kepada figur dari luar Nasdem untuk mendapatkan dukungan Nasdem, bila berdasarkan hasil pertimbangan berbagai aspek, dianggap layak untuk diusung.

Ketua DPD Nasdem kota Ambon, Muhammad Cakrabatara, mengakui hal yang sama, pertemuan antara Surya Paloh dengan Richard Louhenapessy adalah pertemuan dua sahabat. Sehingga, kalau pun ada pembicaraan tentang persiapan menyongsong Pilkada kota Ambon, belum dia ketahui. Itu akan diproses melalui instruksi resmi dari DPP.

Kendati begitu, pihaknya mulai menaruh perhatian pada Pilkada kota Ambon nanti. Konsolidasi mulai dilakukan dari tingkat cabang hingga desa dan kelurahan. “Ada pak ketua DPW, juga ada pak Herman Hatu dan pak Arbab.

Nasdem punya banyak kader yang bisa kita usung untuk menjadi calon wali kota. Kita punya peluang, kita hitung betul agar figur yang kita usung bisa menang. Termasuk juga bisa kemungkinan koalisi untuk mendukung calon incumbent, semua pasti dihitung,” jelasnya.
(MAN)

Most Popular

To Top