Kunjungan Gubernur di Marseille Tidak Sia-sia – Ambon Ekspres
Trending

Kunjungan Gubernur di Marseille Tidak Sia-sia

Ambon, AE— Kunjungan Gubernur Maluku Said Assagaf dan rombongan ke Marseille, Perancis pada 16-20 November lalu tidaklah sia-sia. Sejumlah kesepakatan kerja sama dengan Gubernur Marseille dicapai.

Gubernur kepada wartawan, mengaku, kesepakatan kerjasama yang dicapai diantaranya kerjasama investasi di sektor perikanan, pariwisata dan rencana “Sister Region” antara Maluku dan Marseille.

Gubernur mengaku, Gubernur Marseille dan sejumlah pengusaha di Marseille akan kembali meninjau Maluku sebagai tindak lanjut kerjasama yang disepakati tersebut.

Ketertarikan para calon buyer dan investor dari Marseille, akui gubernur, tidak lepas dari peran Jaksa Agung HM Prasetyo yang mengijinkan Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Chuck Suryosumpeno yang ikut serta mempresentasikan proses penegakan hukum di Maluku.

“Saya atas nama masyarakat Maluku mengucapkan terima kasih kepada Jaksa Agung karena telah memberikan ijin kepada Kajati Maluku, untuk mempresentasikan tentang kepastian penegakan hukum di Maluku dihadapan para calon buyer maupun investor.

Alhamdulillah, mereka bisa langsung tertarik setelah yakin pada kepastian penegakan hukum yang dipresentasikan Kajati Maluku,” ujar gubernur sebagaimana dilansir dari laman onenews, kemarin.

Maluku, kata gubernur, mendapatkan kesempatan mengekspor 90.000 ton ikan per tahun untuk kebutuhan Uni Eropa yang memiliki standard grade A.

“Peluang kerjasama ini diyakini dapat meningkatkan potensi pendapatan daerah hingga puluhan milyaran rupiah pertahun. Di samping itu, Maluku juga nantinya akan dijadikan “feeder hub” tol laut seperti Marseille. Marseille merupakan pintu gerbang masuk Perancis dari negara lain untuk melakukan transaksi bisnis dan lainnya. Tentu saja hal ini sesuai dengan visi misi Nawacita dan Poros Maritim Presiden Joko Widodo,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan hasil positif kunjungan dari Marseille ini, Maluku menjadi daya tarik pengusaha asing untuk investasi dan berbisnis.

Senada dengan Gubernur, Pimpinan DPRD Maluku yang ikut dalam delegasi, antara lain Richard Rahakbauw, Syaid Mudzakir dan dr Eliana Patiasina pun yakin bahwa dengan dukungan masyarakat Maluku serta kerja keras pemerintah Provinsi maka tidak mustahil akan lebih banyak lagi calon buyer dan investor yang akan datang dan menjalankan usahanya di Maluku. (….YUD)

Most Popular

To Top