Wapres Datang, Ambon Dipenuhi TNI-Polri – Ambon Ekspres
Trending

Wapres Datang, Ambon Dipenuhi TNI-Polri

AMBON,AE— Wakil presiden Jusuf Kalla direncanakan hari ini tiba di kota Ambon untuk membuka Musyawarah Besar (Mubes) Masyarakat Maluku (MAMA). Ini merupakan kedatangan kedua sejak politisi asal Makassar itu dilantik sebagai wakil presiden, bersama Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Jusuf Kalla membuka (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di kota Ambon, akhir Februari tahun ini. Sebanyak 2.345 personil TNI/Polri disiapkan, mengamankan kedatangan orang nomor dua di Indonesia itu.

Kepastian kedatangan Wakil Presiden itu disampaikan gubernur Maluku, Said Assagaff. Selain Wapres, sejumlah Menteri Kabinet Kerja juga akan hadir dalam hajatan orang Maluku itu. “Protokol serta Paspampres sudah tiba dengan pesawat Hercules untuk menyiapkan seluruh proses kedatangan Wapres,” ujar Gubernur kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Senin (23/11).

Sebelumnya, kata gubernur, sesuai rencana Mubes MAMA yang akan dipusatkan di gedung Islamic Center, Waihaong itu dibuka oleh Presiden Joko Widodo, namun batal karena kesibukan mantan Walikota Solo itu.

Sementara para Menteri yang akan hadir, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Binsar Panjaitan sebagai nara sumber, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil.

Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mengatakan, melalui Mubes MAMA, akan dirumuskan satu langkah penting, agar Maluku mendapatkan perhatian serius pemerintah pusat.

Mubes MAMA bertujuan untuk menyalurkan aspirasi kepada pemerintah pusat dalam memberikan kewenangan otonomi kepulauan serta memutuskan sikap politik masyarakat Maluku kepada pemerintah pusat, karena belum memberikan perhatian serius terhadap pembangunan di Maluku.

Maluku pun masih menjadi daerah termiskin keempat di Indonesia.
Selain itu, Mubes MAMA menjadi momentum tepat untuk merumuskan pikiran-pikiran agar mempersiapkan calon pemimpin nasional yang berasal dari Maluku. Sebab tidak seorang-pun putera-puteri terbaik Maluku yang dipercayakan untuk menjadi menteri.

Dan yang paling, lanjutnya adalah Maluku mendapat pengakuan pemerintah pusat terhadap Provinsi Kepulauan, Lumbung Ikan Nasional (LIN), dan PI 10 persen Blok Migas Marsela.
Sementara itu, untuk menjaga keamanan saat kedatangan Wakil Presiden ribuan personil keamanan diterjunkan ke sejumlah ruas jalan maupun tempat-tempat yang akan dilewati oleh ketua Umum PMI tersebut.

“Ada sebanyak 2.345 personil keamanan gabungan dari, Kodam, Lanal, Lanud dan Polda. Akan ditempatkan diseluruh tempat kegiatan maupun jalur yang akan dilewati oleh Wapres,” jelas Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Arh, Hasyim Lalhakim kepada wartawan kemarin.

Menurutnya, keamanan atas kedatangan kepala Negara dalam hal wakil Presiden tersebut, merupakan tanggungjawab dari TNI, terutama Kodam XVI/Pattimura.“Pengamanan itu mulai dari bandara, hingga ke lokasi dimana beliau (Wapres red), menghadiri kegiatan Mubes MAMA itu,”katanya.

Pria dengan tiga melati dipundaknya itu, menjelaskan ribuan personil tersebut, diantaranya, Kodam 1.525, kemudian Lantaman XI Ambon, dan Lanud Pattimura serta Polda Maluku.

“Jadi Kodam itu 1.525, Lanal 250, Lanud 141 dan polda 820. Kemudian juga ada dari Paspampres. Untuk pengamanan ring satu itu tanggungjawab Paspamres dan TNI, sedangkan Ring dua itu gabungan seluruh personil yang ada,” paparnya. (MAN/AHA)

Most Popular

To Top