Kapolda: Sekarang (Vanath) Sudah Mati Suri – Ambon Ekspres
Trending

Kapolda: Sekarang (Vanath) Sudah Mati Suri

AMBON,AE— Kepala kepolisiaan daerah Maluku, Brigjen Murad Ismail menegaskan, Pemilihan kepala daerah serentak di empat kabupaten, Aru, Maluku Barat Daya, Seram Bagian Timur, dan Buru Selatan akan berjalan dengan aman. Khusus SBT, kapolda memastikan aman, karena Abdullah Vanath tak lagi berkuasa.

Situasi keamanan empat kabupaten terus dipantau. ”Saya dan seluruh staf saya, setiap pagi dan setiap sore, saya minta laporan dari Kapolres di 4 wilayah yang ikut pilkada. Dan semua melaporkan berjalan dengan aman dan lancar,” Ungkap jendaral berbintang satu itu.

Untuk jumlah personil sudah digeserkan ke wilayah-wilayah yang menggelar pilkada. Kekuatan personil lebih dititik beratkan pada daerah yang rawan.”Setiap polres itu minimal ada 500 personil, ditambah lagi kita kirim dari Brimob itu ada 30 personil dan samapta itu ada 100 personil jadi memperkuat di 4 daerah ini.

Untuk polda sendiri juga di siapkan pasukan cadangan. Jadi sudah percayakan kepada kita. Kita berangkat dari pengalaman pilgub dan pilkada Maluku Tenggara berjalan dengan aman dan lancar,” imbuhnya

Disinggung soal stabilitas kemanan di kabupaten SBT, kapolda memastikan pilkada SBT tidak akan ada kekacauaan. ”Insyallah tidak terjadi lagi, dulu karena komandannya bupati (AV-red) yah, jadi tentu berbagai macam cara dilakukan.

Sekarang sudah mati suri, jadi tidak usah kuatir. Kalau bangkit lagi mungkin jadi dukun. Percaya sama kita tidak mungkin itu akan terjadi. Orang yang mati suri pasti jadi dukun tidak mungkin jadi superman atau malaikat,” celoteh Kapolda.

Gubernur Maluku, Said Assagaff mengatakan jelang H-2, stabilitas keamanan terjaga dengan baik. Namun tetap di waspadai segala kemungkinan yang akan terjadi.

”Tidak ada indikasi kerawanan untuk empat kabupaten yang melaksankan pilkada serentak ini. Saya sudah rapat dengan intelejen (BIN) kita antisipasi semua,” tandas Assagaff kepada wartawan usai launching Surat ijin Mengemudi (SIM) online di lapangan Merdeka Minggu (6/12).

Assagaff juga sangat berharap partisipasi tim pemenang setiap pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati di empat wilayah ini, untuk tetap waspada dan bekerja secara professional guna menjaga stabilitas keamanan di wilayah masih-masing.

”Saya himbau kepada tim-tim pemenangan di 4 kabupaten tetap mewaspadai, saya tau kalau meraka (tim Sukses-red) semua bekerja professional, untuk mewaspadai jangan sampai terjadi gangguaan stabilitas keamanan,”imbuhnya.

Menyoal, apakah ada indikasi daerah rawan terjadi gangguan stabilitas keamanan untuk empat daerah itu, dikatakan, ”bagi saya tidak ada yang rawan, coba kita lihat, Bursel, MBD,Aru, SBT, ada apa? Tidak ada apa-apa,namun antisipasi itu pasti, tetap kita tindak lanjuti kalau ada yang bermain di balik itu,”tutupnya. (ERM)

Most Popular

To Top