Misteri 3 Nama di Tangan Gubernur – Ambon Ekspres
Trending

Misteri 3 Nama di Tangan Gubernur

AMBON, AE— Sampai kemarin, Presiden Joko Widodo belum mengeluarkan Surat keputusan pengangkatan Sekretaris Provinsi Maluku. Namun munculnya nama Hamin Bin Thahir memantik kecurigaan banyak pihak, kalau dia tidak pernah diusulkan oleh panitia seleksi Sekprov Maluku. Lalu siapa tiga nama yang diusulkan pansel?

ebarapa anggota Pansel yang dikonfirmasi tentang hasil perangkingan terakhir berdasarkan hasil seleksi adiministrasi dan kompotensi, menolak memberikan penjelasan, terutama tentang alasan tidak mengumumkan nama-nama tersebut kepada publik.

“Mohon maaf, ya nantai konfirmasi saja dengan pa rektor (Unpatti) sebagai ketua pansel, karena sudah menjadi penentuan pansel terkait dengan masalah seleksi yang bisa memberikan penjelasan hanya pa rektro sebagai ketua,“ ungkap anggota Pansel, Maritje Lopulalan, via SMS, Minggu (6/12).

Rektor yang dimaksudkan, adalah rektor Universitas Pattimura, Thomas Pentury. Namun, Pentury yang coba dikonfirmasi menolak memberikan keterangan. Ini bukan pertama, ketua pansel tutup mulut. Sejak tiga nama disampaikan ke gubernur, mereka satu suara, tutup mulut.
Gubernur Said Assagaff juga tutup mulut. Dia menolak menyampaikan siapa saja yang diusulkan pansel, termasuk nama-nama yang dikirimkannya ke kementerian dalam negeri. Setelah nama Hamin ditetapkan, buru-buru, Assagaff menyebut Hamin merupakan satu nama dari tiga nama yang diusulkan.

“Saya dikasi tahu bahwa, pak ada aturannya, ini tidak dipublikasi. Ini hanya gubernur,” ungkap gubernur, setelah menerima hasil kerja pansel, beberapa waktu lalu.

Gubernur yang kembali dikonfirmasi tentang informasi tentang hasil kerja pansel mengakui, Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku, Hamin bin Thahir merupakan salah satu calon Sekprov yang masuk dalam tiga besar.

“Masuk (dalam tiga besar) dong, masa tidak,” kata gubernur, kemarin, tanpa merinci, Hamin bin Thahir masuk nomor ke berapa dan siapa saja yang juga masuk tiga besar.

Menyoal kapan Presiden Joko Widodo mensahkan keputusan tentang penetapan Sekprov Maluku, gubernur mengaku belum mendapatkan informasi pasti. “Belum tau,” singkatnya.

Sekadar ingat, tujuh calon Sekprov Maluku tersebut adalah Wakil walikota Ambon M.A.S. Latuconsina, Asisten Pengembangan Ekonomi, Investasi, Keuangan dan Administrasi Pembangunan Setda Maluku Zedek Sangadji, Staf ahli gubernur Maluku bidang Pembangunan Hallatu Roy,  kepala biro pemerintahan  provinsi Maluku Hamin Bin Thahir, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Buru Umad Muhammad, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Mike Pontoh, dan Kepala  Balai Besar Kehutanan Makassar, Hengki Koedoeboen.

Mereka telah mengikuti tahapan seleksi, yang dimulai dari verivikasi berkas sampai dengan uji kompetensi.(MAN)

Most Popular

To Top