SDI: Tagob Unggul 56,07 Persen – Ambon Ekspres
Trending

SDI: Tagob Unggul 56,07 Persen

Namrole,AE— Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Buru Selatan, juga berjalan normal dan aman, meski sempat terjadi sedikit kisruh. Disana pemilihan hanya diikuti dua pasang Rivai Fatsey- Anthon Lesnussa (HIKMAT) dan Tagob Sudarsono Ayub Seleky.

Sampai tadi malam, berdasarkan hitung cepat Sinergi Data Indonesia (SDI) pasangan Tagop-Ayub unggul sementara 56,07 persen sementara Rivai-Anthon 43,93 persen.

Sampai tadi malam data yang masuk ke SDI sudah mencapai 86,24 persen dengan tingkat partisipasi pemilih, 78,30 persen, dan sampling error kurang lebih 1 persen.

Pasangan yang bertarung, adalah HIKMAT (1) diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pasangan Tagob Sudarsono Soulisa diusung, PDIP, Golkar, Nasdem, Demokrat, PPP, PKPI, PKB, Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB) .

Pantauan Ambon Ekspres proses pemungutan suara sudah mulai dilakukan tepat pukul 07.30 WIT. Masyarakat kabupaten Buru Selatan dengan jumlah pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 52.631 orang, sejak pagi sudah mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak politik mereka.

Bupati Kabupaten Buru Selatan Tagob Sudarsono Soulisa menyalurkan hak politiknya di TPS 1, Desa Lektama kecamatan Namrole. Dengan menggunakan pakian batik dibalut kain Lenso (Lestari) di kepala Soulisa yang juga bupati defenitif pertama di kabupaten dengan julukan Lolik Lalen Fedak Fena itu menuju ke Balai Desa Lektama.

Dari balai desa, bupati yang di dampingi sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat menuju TPS 1 yang letaknya tak jauh dari kediaman pribadi bupati.

Tiba di TPS sudah ada ketua Panwaslu Provinsi Maluku Fadly Silawane, anggota KPU Maluku La Alwi, Kapolsek Namrole yang datang untuk memantau langsung proses pemungutan suara.

Surat suara milik orang nomor satu di kabupaten Buru Selatan diberikan kepada petugas pemungutan suara untuk dikroscek. Setelah menunggu beberapa detik, petugas memberikan surat suara. Suami dari anggota DPRD Provinsi Maluku Safitri Malik ini langsung menuju bilik suara untuk menyalurkan hak politiknya.

Usai menyalurkan hak politiknya, bupati yang didampingi rombongan langsung menuju ke rumah tua keluarga Soulisa yang berada tak jauh dari TPS untuk beristirahat. Wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan Tagob Ayub Seleky tidak menyalurkan hak politiknya di Kota Namrole, seperti biasanya.

Orang nomor dua di Buru Selatan itu memilih menggunakan hak politiknya di kota Leksula yang juga menjadi pusat kecamatan Leksula. Rivai Fatsey sesuai informasi, menyalurkan hak politiknya di kecamatan Ambalau, sementara Anthon Lesnussa yang pernah bertarung pada Pilkada tahun 2010 juga menggunakan hak politik di kecamatan Leksula.

Ketua KPU Buru Selatan Said Sabi yang dihubungi Ambon Ekspres mengatakan, proses pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar. “Sesuai dengan pantauan yang dilakukan KPU pada enam kecamatan, proses pemungutan suara berjalan aman dan lancar,” akuinya.

Hal ini lanjut Sabi, karena adanya dukungan semua pihak baik masyarakat aparat keamanan maupun penyelenggara sendiri. “Kesuksesan ini bukan karena penyelenggara saja, tetapi karena keterlibatan semua pihak,”ungkapnya.

Disinggung soal tingkat partisipasi pemilih, Sabi yang juga kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini mengatakan tingkat partisipasi masyarakat sangat baik. “Saya kira tingkat partisipasinya sangat baik, dan itu kita akan pastikan saat proses perhitungan suara ditingkat KPU,”janjinya.

Ketua tim pemenangan pasangan TOPBU, Sami Latbual optimis pasanganya akan memenangkan Pilkada Bursel. “Saya optimis kita akan memenangkan Pilkada Bursel,” kata dia. Hanya saja, untuk data pasti terkait dengan kemenangan harus menunggu perhitungan dari tim dan dan juga KPU Bursel saat rekapitulasi terakhir.

“Kita tunggu saja, pasti akan diketahui berapa persentasi kemenangan itu,” janjinya.
Kendati berjalan aman dan lancar, terjadi insiden pemukulan yang dilakukan terhadap sejumlah saksi pasangan calon , baik dari pasangan nomor urut (1) Rivai Fatsey-Anton Lesnussa (HIKMAT) dan pasangan Nomor 2 Tagop Sudarsono Soulisa dan Buce Ayub Seleky.

Insiden terjadi di TPS 1 desa Lektama. Sebelum proses pencoblosan dimulai, salah satu saksi pasangan calon HIKMAT meminta kepada petugas agar pemungutan suara dilakukan berdasarkan nomor urut yang tertera dalam daftar pemilih tetap.

Hanya saja, usulan itu tidak diterima oleh masyarakat yang sudah ada di TPS. Terjadi adu mulut antara masyarakat dengan saksi serta sejumlah petugas yang ada di TPS. Beruntung adu mulut tersebut dapat diselesaikan sehingga proses pemungutan suara bisa dilakukan.

Sekira pukul 12:30, masyarakat yang tidak tercatat dalam DPT di TPS ingin menggunakan hak politiknya dengan menggunakan KTP. Hanya saja, keinginan mereka ini tidak kesampaian. Mereka juga merasa dihalangi oleh saksi pasangan calon HIKMAT.

Kondisi ini membuat masyarakat kecewa. Dengan kesal mereka mengamuk dan mengejar saksi pasangan HIKMAT. Aksi pemukulanpun tak bisa dihindari. Saksi ini dihajar oleh masyarakat yang kesal tidak bisa menyuarakan hak politiknya itu.

Beruntung aparat keamanan yang bertugas di TPS bertindak cepat dan tegas. Berselang lima menit pasukan elit Brimob dengan senjata lengkap tiba di TKP. Saksi dengan insial (IS) itu diamankan di Polsek Namrole. Tak jauh dari lokasi TPS 1, insiden juga terjadi di TPS 3 desa Lektama.

Salah satu saksi pasangan calon HIKMAT juga dipukul. Belum diketahui alasan pemukulan terhadap saksi bernama Said itu. Akibat insiden itu Said harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Namrole.

Akibat insiden itu, proses pemungutan suara di TPS 1 dan 3 sempat terhenti, namun kembali dijalankan, dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Sementara itu berdasarakan hasil perhitungan suara yang dilakukan pada sejumlah TPS, pasangan Tagob-Ayub masih unggul dari pasangan HIKMAT. Data yang diperoleh untuk kecamatan Namrole, hingga pukul 18:00 WIT, pasangan ini memperoleh 4.571 suara, pasangan HIKMAT memperoleh 1.402 suara.

Akumulasi perolehan suara kedua pasangan diperoleh di desa Lekatama, Elfule, Labuang, Waenono, Kamanglale, Wali, Tikbari, Leku, Kilo 7, Masnana.

Sementara itu, informasi yang diperoleh dari tim Tagob, pasangan Tagob-Ayub diprediksikan mengantongi suara dengan prosentasr 69 persen, dan 31 persen untuk pasangan HIKMAT.
(EDI)

Most Popular

To Top