Menkominfo Terbitkan Izin Ameks TV – Ambon Ekspres
Trending

Menkominfo Terbitkan Izin Ameks TV

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) RI Rudiantara, akhirnya menerbitkan ijin penyiaran prinsip (IPP) bagi Ameks TV yang diterima oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Maluku.

IPP bagi Ameks TV inipun dibawa langsung Ketua KPID Maluku Aziz Tunny didampingi Ketua Bidang Hukum dan Pengawasan KPID provinsi Maluku Rully Puturuhu untuk diserahkan kepada Direktur Utama Harian Ambon Ekspres yang juga Komisaris Ameks TV, Machfud Waliulu didampingi Direktur Ameks TV, Syakhan Azzury Rumra dan jajaran direksi harian Ameks.

Dirut Ameks, Machfud Waliulu memberikan apresiasi bagi keluarga besar KPID Maluku yang dinilai begitu serius mendorong keluarnya perizinan bagi Ameks TV.

“Kami memberikan apresiasi atas perhatian dan dukungan KPID yang begitu serius membantu keluarnya izin penyiaran bagi Ameks TV,” ungkap Waliulu saat menerima kunjungan Ketua KPID Maluku Aziz Tunny didampingi Ketua Bidang Hukum dan Pengawasan KPID Provinsi Maluku Rully Puturuhu di Graha Pena Ambon Ekspres jalan Yos Soedarso Ambon, siang kemarin.

Menurut Waliulu, pihaknya juga serius mendorong beroperasinya Ameks TV. Bahkan tak tanggung-tangung, anggaran yang akan digelontorkan untuk TV Ameks mencapai miliaran rupiah.

“Investasi yang ditanamkan untuk Ameks TV membuktikan keseriusan kami untuk memberikan lagi pelayanan informasi publik bagi masyarakat kota Ambon dan Maluku secara umum. Dengan target 5-10 tahun kedepan, Ameks dapat menguasai Maluku,” ujarnya penuh optimis.

Ketua KPID Maluku, Aziz Tunny mengatakan kehadiran pihaknya di kantor harian Ameks dalam rangka menyerahkan secara resmi ijin penyiaran IPP kepada pengelola Ameks TV.
Menurut dia, Ameks TV merupakan salah satu TV swasta lokal yang sahamnya milik anak daerah.

Karena itulah, KPID Maluku begitu serius mendorong beroperasinya televisi tersebut. “Kita sangat mendorong kehadiran Ameks TV karena pure (murni) milik anak daerah dan terobosan yang dibuat Ambon Ekspres ini mendapatkan apresiasi pemerintah daerah,” puji Tunny usai penyerahan IPP bagi pengelola Ameks TV.

Sesungguhnya, kata Tunny izin kanal untuk kota Ambon sudah habis ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI.

Namun, Kominfo RI melalui Peraturan Menteri (Permen) nomor 31 tahun 2014 dan untuk merevisi aturan sebelumnya yakni menambah 6 kanal untuk kota Ambon. “Penambahan kanal siaran di wilayah kota Ambon itu disambut baik oleh Ambon Ekspres dengan mendirikan Ameks TV,” sebutnya.

Beruntungnya, kata Tunny, semua persyaratan izin Ameks TV yang dilayangkan oleh pengelola Ameks TV langsung diterima dan ditandangani izin penyiaran oleh Menteri Kominfo RI Rudiantara.

“Jadi seluruh persyaratan yang diajukan Ameks TV telah memenuhi persyaratan karena itulah IPP langsung ditandangani oleh Menteri Kominfo RI Rudiantara mengeluarkan izin dan sebentar lagi Ameks TV akan hadir di kota Ambon,” tuturnya.

Selain Ameks TV, kini juga harian Ambon Ekspres melebarkan sayap untuk merambah dunia industri radio. Saat ini, persiapan secara teknis menyangkut peralatan radio yang nantinya mengudara dengan nama radio Ameks itu telah tersedia, kini hanya menunggu izin yang dikeluarkan Kemenkominfo RI melalui KPID Maluku.

Terkait hal itu, Ketua Bidang Hukum dan Pengawasan KPID Maluku, Rully Puturuhu menjelaskan untuk mendirikan sebuah usaha radio harus memenuhi persyaratan sebagaimana diamanatkan dalam Permen nomor 28 tahun 2005 tentang syarat administrasi pendirian radio.

“Untuk membangun radio Ameks harus sesuai dengan peraturan menteri nomor 28 tahun 2005 tentang syarat administrasi pendirian radio dan Peraturan menteri nomor 50 tahun 2005 tentang penyiaran swasta dan jasa penyiaran radio,” jelasnya.

Lantas apa yang harus dipenuhi radio Ameks, kata Rully, dalam membangun radio harus memenuhi 6 aspek diantaranya aspek pendirian badan usaha, aspek badan hukum, aspek teknis, aspek manajemen, aspek program acara dan aspek keuangan.

“Apabila berkas-berkas tersebut lengkap sebagai pemohon, maka akan melakukan evaluasi pendapat dan evaluasi internal dilakukan apabila memenuhi nilai yang telah di tentukan oleh KPID maka persyaratan dinyatakan telah lengkap.

Selama ini beberapa penyiaran telah lulus dengan passing grade yang telah ditentukan oleh KPID Maluku,” paparnya.

Dia berharap kehadiran radio Ameks dan Ameks TV akan membantu masyarakat di kota Ambon dan Maluku secara umum untuk memperoleh informasi. (SAT)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!