Pentury Dinilai tak Cocok Lagi – Ambon Ekspres
Trending

Pentury Dinilai tak Cocok Lagi

AMBON, AE— Sosok Thomas Pentury yang menukangi manajemen Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon saat ini, dianggap tidak cocok lagi oleh sebagian anggota senat maupun dosen di kampus biru tersebut untuk memimpin kedua kalinya.

Senat maupun civitas akademika kampus tersebut menginginkan, ada sosok bertalenta manager baru yang menukangi pengelolaan manajemen Unpatti Ambon agar ada sebuah pembaharuan yang lebih baik dari saat ini.

Menurut salah satu dosen kampus tersebut, saat ini telah mengerucut keinginan senat terhadap salah satu calon yang dianggap paling layak saat ini. “Setidaknya dua calon, tapi tidak termasuk incumbent,” ungkap dosen tersebut.

Namun sebagian dosen menganggap itu bagian dari upaya jegal-menjegal jelang pirek. Status Tony Pariella telah kembali dipertanyakan, apakah dapat mengikuti proses pencalonan atau tidak, demikian juga dengan Prof. Dr. Alex Retraubun.

Padahal sebelumnya, pada pencalonan rektor periode 2011 lalu, Pariella telah dinyatakan bisa mengikuti proses pencalonan, karena jabatan ketua prodi pada Program Pasca Sarjana dinyatakan setara dengan ketua jurusan pada manajemen program pendidikan Strata Satu (S1).

Ketua Komisi Pemilihan Calon Rektor (KPCR) Unpatti Ambon, Dr. Jantje Tjiptabudy, menegaskan sudah ada hasil dari konsultasi dengan Menteri Riset teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) pada minggu lalu, kalau Tony Pariella dapat mengikuti proses pencalonan rektor.

“Menteri telah menyurat langsung, bahwa posisi kepala Prodi pada program S2 sama seperti Ketua jurusan di fakultas S1,” ungkap Tjiptabudy.

Sedangkan mengenai Alex retraubun, tidak ada balasan dari Menristekdikti. Hal tersebut mengindikasikan, Alex tidak dapat mengajukan diri menjadi calon rektor karena tidak memenuhi persyaratan calon rektor.

Tapi dia tetap menyarankan, kalau Alex Retraubun tetap ingin mencalonkan diri dalam pencalonan rektor lebih baik menyurat lagi ke Menristekdikti, karena tenggat waktu pengajuan calon dari masing-masing fakultas masih ada hingga 7 Januari mendatang.

“Silahkan saja, kan batas waktu pengusulan bakal calon dari fakultas hingga 7 Januari,” terangnya.

Dia menambahkan, proses pencalonan saat ini berada pada tahap penjaringan ditingkat fakultas. “Kami telah menyurati semua fakultas untuk melakukan pemilihan calon rektor sejak 18 Desember lalu, batasnya 7 Januari mendatang,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top