Ratusan Personil TNI/Polri Amankan Tahun Baru – Ambon Ekspres
Metro Manise

Ratusan Personil TNI/Polri Amankan Tahun Baru

AMBON,AE— Ratusan personil TNI/Polri bakal dikerahkan untuk mencegah terjadinya gangguan situasi dan kondisi keamanan  (Kamtibmas) saat perayaan  tahun baru di sejumlah titik di Maluku.

Kesiapan pengaman tersebut terlihat saat apel pasukan operasi Lilin Siwalima 2015 di kota Ambon, Kamis lalu.

Sedikitnya, 900 personil gabungan TNI/Polri yang diturunkan untuk mengamankan kedua perayaan tersebut. “Untuk operasi lilin tahun ini, kita turunkan pesonil gabungan TNI dan Polri sebanyak 900 orang, terdiri dari Polda Maluku 150 personil, TNI gabungan AD,AL dan AU, sebanyak 150 orang.

Polres Ambon, 115, Polres Malteng 110, Polres SBB 90, Polres SBT 70, polres Buru 70, Polres Malra 110, kemudian Polres Aru 85 dan Polres MTB 100,”jelas Kapolda Maluku, Brigjen Polisi Murad Ismail.

Menurut Kapolda, kondisi keamanan yang kondusif merupakan harga mati bagi pihaknya, sehingga mereka tetap berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pengamanan.
“Keamanan bagi kami itu harga mati. Dan tidak ada tawar menawar,” tegasnya.

Sementara itu, amanat Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti dibacakan Kapolda Maluku mengatakan, perayaan Natal dan Tahun 2015 ini, butuh pengaman ekstra. Alasannya, ada peningkatan aktifitas di gereja-gereja saat Natal dan di jalan-jalan saat tahun baru.

“Untuk perayaan Natal ada peningkatan aktivitas di gereja-gereja, untuk itulah personil kepolisian harus membantu saudara-saudara kami yang beragama Kristiani agar dalam melaksanakan ibadahnya dengan aman dan tertib,” katanya.

Lebih lanjut kata dia, setiap personil harus tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi terjadinya aksi teror yang memanfaatkan momentum Natal dan Tahun Baru, khususnya pada titik rawan yang berpotensi menjadi target para pelaku teror.

Kapolri juga berharap, agar pelaksanaan kedua perayaan diakhir tahun itu dapat berlangsung aman dan tertib. Untuk itu peningkatan personil dalam melaksanakan tugas pengamanan harus ditingkatkan.

Pantauan koran ini, saat pelaksanaan Natal di sejumlah gereja di Kota Ambon, berlangsung aman dan khidmat. Serupa juga disampaikan, Pjs Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Sulaiman Waliulu, kepada koran ini, Minggu kemarin.

“Alhamdulilah untuk pelaksanaan ibadah Natal bagi saudara-saudara kami umat Kristiani di Maluku, semuanya berlangsung aman dan tertib,” ungkapnya. (AHA/ERM)

Most Popular

To Top