Kapolda Baru, Insiden Baru – Ambon Ekspres
Trending

Kapolda Baru, Insiden Baru

AMBON, AE— Brigjen Murad Ismail akhirnya dimutasikan sebagai Kakor Brimob setelah menjabat Kapolda Maluku hampir tiga tahun. Kursi Kapolda yang ditinggalkannya diisi oleh mantan Dansat Brimob Polda Maluku, Brigjen Polisi Ilham Salahuddin.

Murad adalah satu dari tujuh Kapolda di Indonesia, yang turut dimutasikan. Pria yang menjabat sebagai Kapolda Maluku sejak Desember 2013 itu kini menduduki jabatan baru sebagai Kepala Korps Brimob Mabes Polri. Dia menggantikan Irjen Polisi Robby Kaligis. Kaligis dipromosikan menjadi Kasespim Polri Lemdikpol.

Berdasarkan Surat Telegram/2718/XII/2015 tertanggal 31 Desember 2015. TR mutasi tersebut langsung ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Budi Gunawan atas nama Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Jabatan Kapolda Maluku yang ditinggalkan putra asli daerah ini selanjutnya akan digantikan Brigjen Polisi Ilham Salahuddin yang kini menjabat Wakapolda Sumatera Utara. Ilham sendiri pernah bertugas di Maluku, pada 2002 silam sebagai Kasat Brimob Polda Maluku.

Tak hanya Murad, ada juga Kapolda Sumsel Irjen Iza Fadri digantikan oleh Irjen Djoko Prastowo yang saat ini menjabat Wakabaintelkam. Sedangkan Irjen Iza Fadri digeser menjadi Sahli Sospol Kapolri.

Diakhir masa jabatannya sebagai Kapolda Maluku, Murad mengaku sangat berterima kasih banyak kepada media massa yang ada di Maluku. Media massa, kata dia, telah membantunya untuk menjaga situasi dan kondisi keamanan di Maluku.

“Terima kasih banyak untuk seluruh masyarakat Maluku terlebih insan pers yang ada. Karena selama ini telah mendukung Polri dalam melaksanakan pengamanan dan membantu saya dalam menjaga situasi dan kondisi keamanan sehingga Maluku tetap aman hingga saat ini,” kata Murad, kepada sejumlah wartawan saat malam pergantian tahun di Mapolsek Sirimau.

Menurut dia, terciptanya kondisi keamanan Maluku, tak hanya menjadi tanggungjawab aparat keamanan melainkan seluruh element masyarakat yang ada.

“Sudah banyak kegiatan besar yang berlangsung di Maluku dalam kondisi aman. Semua ini terjadi karena adanya kesadaran dari masyarakat Maluku. Ini sangat luar biasa. Keamanan dan kedamaian bagi masyarakat Maluku diatas segalanya dan ini harus dijaga terus,” pesan pria yang sebentar lagi bakal memiliki dua bintang di pundak itu.

INSIDEN BARU
Sementara awal tahun dinodai dengan insiden pembacokan yang dilakukan Mavalanti Terinate (26). Dia membacok salah satu pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 13 Ambon bernama Renaldi (16). Rinaldi hampir saja tewas di tebas mengunakan parang. Beruntung tidak mengenal sasaran. Renaldi hanya mengalami luka dilenganan kanan.

Saksi satu Aldin Borut (26) warga air Salobar yang diperiksa polisi, menuturkan awalnya pelaku lewat di kawasan Air Salobar dengan menggunakan Sepada motor bermerek Yamaha RX King. Dia melaju dengan kecepatan tinggi sambil memainkan gas motornya tepat di depan pangkalan ojek Pohon Mangga.

Pelaku lalu di tegur beberapa orang pemuda yang sementara duduk di pangkalan ojek Pohon Mangga. Pelaku malah mengulangi aksinya sebanyak 3 kali dan langsung berhenti di depan pangkalan ojek Pohon Mangga. Dia berteriak, dan kemudiaan mengeluarkan kata-kata makian.

Mendengar kata makian tersebut, spontan beberpa pemuda pohon mangga, yang sementara duduk di pangkalan ojek langsung menghampiri pelaku dan memukuli pelaku. Setelah dipukuli pelaku pun langsung melarikan diri.

Berselang beberapa menit, pelaku kembali dengan membawa beberapa rekan-rekannya. Ada sebanyak 3 orang menggunakan 2 unit sepeda motor. Setelah itu mereka berhenti di depan pangkalan ojek Pohon Mangga.

”Disitulah pelaku langsung melakukan pemotongan terhadap dia (Renaldi-red) dengan mnggunakan sebilah parang. Saat itu korban sementara duduk di atas sepeda motor. setelah pelaku melakukan aksinya itu, kemudian bersama rekan-rekannya melarikan diri,” kata Kapolres Pulau Ambon dan Pp.Lease AKBP Komaruz Zaman mengutip keterangan saksi.

Beberapa pemuda yang sementara berada di sekitar pangkalan ojek Pohon Mangga langsung berusaha mengejar pelaku. Sekitar 19.50 wit anggota pos Pam Ops lilin, Air Salobar, Anggota Pos Benteng, Anggota PRC Polres Ambon, Anggota Reskrim dan Intel Polres tiba di TKP dan mengamankan korban.

Setelah korban diamanakan, dan dibawah ke Mapolres Ambon, beberapa jam kemudiaan aparat kepolisiaan melakukan pengejaran terhadap pelaku. Sekitar pukul 05.30 pelaku berhasil diamanakan di rumahnya.

”Dia (Mavalanti Terinate-red) diamankan dirumahnya besoknya sekitar jam 5 pagi setelah kejadiaan itu,” Ungkap Zaman, kemarin.

Pelaku dalam pemeriksaan mengakui perbuatannya. Kini dia sudah diamanakan di Rumah Tahan Mapolres Ambon untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif. Dia mengaku, kawasan tersebut sering terjadi bentrokan.(AHA/ERM)

Most Popular

To Top