Jaksa Masih Tunggu Hasil Audit BPK – Ambon Ekspres
Metro Manise

Jaksa Masih Tunggu Hasil Audit BPK

Holmes Matruty Tetap Diproses Hukum

AMBON, AE— Kendati sudah memasuki tahun 2016, Kejari Saumlaki masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Maluku, terkait kasus dugaan korupsi dana pembangunan ruang rapat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten MTB senilai Rp. 838.500.000.

Dalam kasus ini, Kejari Saumlaki telah menjerat dua tersangka yakni Kepala Dinas Pendidikan MTB, Holmes Matruty dan Elias Lamerbulu selaku PPTK Proyek.

Keduanya dianggap yang paling bertanggungjawab terhadap proyek yang telah mengakibatkan kerugian negara itu. Berdasarkan perhitungan jaksa dalam proyek yang sumber dananya berasal dari APBD tahun anggaran 2014 itu sebesar Rp Rp 350 juta.

“Berdasarkan perhitungan jaksa, kerugian negara sebesar Rp 350 juta dari dari total nilai proyek Rp 800 juta lebih,” ungkap Kasipidsus Kejari Saumlaki, Denny Syahputra kepada koran ini.

Dijelaskan, penyidik masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara oleh BPK RI Maluku. Dirinya berharap, agar hasil kerugian negara itu secepatnya dituntaskan oleh lembaga terkait, sehingga berkas kedua tersangka itu secepatnya dilimpahkan ke pengadilan.

Karena, seluruh berkas dari kedua tersangka sudah rampung. “Berkas dua tersangka sudah rampung dan tinggal hasil audit saja untuk dilimpahkan. Jadi kami berharap secepatnya hasil audit itu dituntaskan. Namun jika hasil audit terlalu lama, maka kami akan pakai hasil perhitungan jaksa,” terangnya.

Untuk diketahui, pengerjaan proyek ini seharusnya dilakukan melalui pelelangan. Tetapi kenyataannya tidak dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku. Karena kepala dinas justru mengambil alih anggaran proyek ini dan mengelolanya secara swakelola dan proses pengerjaannya tidak sesuai masa kerja dalam kontrak yakni selama 90 hari.

Parahnya lagi, meskipun pekerjaan fisik di lapangan tidak tuntas, namun seluruh anggaran telah dicairkan 100 persen oleh pihak dikbud.(AFI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!