Kelestarian Budaya Jadi Tanggung Jawab Bersama – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Kelestarian Budaya Jadi Tanggung Jawab Bersama

Kepedulian terhadap kelestarian budaya daerah sebagai salah satu ciri khas mestinya dimanfaatkan dan dikelola sehingga menjadi aset bagi masyarakat.

“Adanya pembenahan secara bertahap dan berkesinambungan, tentunya dapat terwujud bilamana ada dukungan dan peran aktif dari segenap stake holder khususnya masyarakat,” kata ungkap Kepala Museum Siwalima Ambon, Jean Saiya.

Berbicara tentang budaya asli daerah, harus dimulai dari masyarakat asli itu sendiri selaku ‘akar budaya’. “Misalnya, lewat keberadaan museum. Saat ini kita bmendorong dan memfasilitasi masyarakat guna mengekspresikan jiwa dan semangat seni dan budaya melalui aset-aset sejarah,” ujarnya.

Selain upaya mempertahankan kelestarian budaya asli daerah, lanjutnya, diupayakan pula pengembangan bentuk dan kolaborasi budaya guna menciptakan ‘genre’ baru dengan tidak meninggalkan karakteristik daerah yang senantiasa membawa pesan moral secara turun temurun.

Kebudayaan termasuk salah satu pembentuk karakteristik bangsa yang dapat menaikkan citra bangsa. Negara memiliki berbagai ras, suku, budaya, bahasa dan agama, namun dapat bersatu.

Dan keanekaragaman masyarakat dan sosial budaya itu sendiri merupakan potensi kekayaan yang harus dioptimalkan, sehingga terasa manfaatnya. “Oleh karena itu, potensi tersebut perlu diwujudkan menjadi kekuatan riil, sehingga mampu menjawab berbagai tantangan saat ini dengan terus mempertahankan nilai budaya yang dimiliki disetiap daerah, khususnya Maluku,” tutupnya. (IWU)

Most Popular

To Top