Pembalakan Liar Marak di SBB – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pembalakan Liar Marak di SBB

Dishut dan Polres Diminta Bentuk Tim Khusus 

PIRU, AE.—Penebangan hutan secara liar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) masih terjadi. Bahkan pembalakan itu masuk hingga ke kawasan hutan yang dilindungi oleh undang-undang.

Ketua LSM Aliansi Indonesia SBB, Farham Suneth mengingatkan, pembalakan liar ini akan berdampak pada bencana alam yang saat ini terjadi di berbagai daerah di Indonsia. “Kepala Dinas Kehutanan SBB dan Kapolres SBB perlu segera membentuk tim khusus untuk melakukan penangkapan terhadap seluruh pembalak liar yang ada di Bumi Saka Mese Nusa. Salah satunya di Kecamatan Taniwel, Elpaputih, dan Seram Barat,” ujarnya.

Menurut dia, bebasnya aksi pembalakan kayu tersebut diduga tidak terlepas dari keterlibatan oknum polisi dan dinas kehutanan yang bertugas di SBB. “Contohnya, kalau pihak kepolisian khususnya setiap polsek-polsek di kecamatan komitmen dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga penegak hukum, maka sudah dapat dipastikan tidak mungkin kayu-kayu hasil pembalakan tersebut melintas dengan mulus. Kondisi ini terjadi karena tidak dilakukan pemeriksaan dan penangkapan,’’ tandas Suneth.

Apalagi, kata dia, menurut informasi yang diperoleh, untuk memuluskan aksi penebangan liar tersebut, oknum pembalak liar serta cukong diduga membuat kesepakatan berupa setoran. Bahkan pernah kayu-kayu illegal yang pernah ditangkap oleh Polres SBB hingga puluhan kubik berupa kayu belo hitam dan sebagainya tidak ditindaklanjuti proses hukumnya. Malah dilepas begitu saja.

Oleh karena itu, imbuh Suneth, apabila dibentuk tim khusus maka sikap tegas perlu dilakukan oleh tim ini. ‘’Jangan segan-segan untuk mengusut siapa yang ikut terlibat guna memuluskan proses pembalakan liar tersebut. Kalau tidak serius untuk menangani kasus tersebut, maka sudah dapat dipastikan pembalak liar tersebut bisa mengakibatkan terjadi penggundulan hutan di SBB,’’ pungkas dia. (CR1)

Most Popular

To Top