15 Februari, MK Putuskan Gugatan Pilkada – Ambon Ekspres
Trending

15 Februari, MK Putuskan Gugatan Pilkada

AMBON, AE.—Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan sidang perkara gugatan Pilkada 2015 dilanjutkan atau tidak pada 15 Februari dan 17 Februari. Sementara itu, Tim Hukum pasangan Sitti Umuria Suruwaky-Sjaifuddin Goo mengimbau masyarakat untuk menunggu putusan MK terhadap gugatan Pilkada Seram Bagian Timur.

Pengucapan putusan Perkara Hasil Pemilihan (PHP) pemilihan Bupati dan Walikota pada 15 dan 17 Februari berdasarkan Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK) nomor 1 Tahun 2015 tentang tahapan, kegiatan dan jadwal penanganan PHP pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Seperti diketahui, sidang pendahuluan Pilkadakabupaten Buru Selatan dengan agenda sidang pendahuluan, padi malam 19.00 WIB. Nomor perkara 43/PHP.BUP-XIV/2016, pokok perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Buru Selatan tahun 2015. Pemohon Rivai Fatsey,SSTP,MPA dan Drs.Anthonius Lesnussa,MM.

Sidang pendahuluan Pilkada kabupaten Maluku Barat Daya juga pada hari dan jam yang sama. Pilkada MBD digugat oleh dua pasangan calon, yakni Simon Moshe Maahury dan Kimdevits Berthi Marcus, SH dengan nomor perkara 93/PHP.BUP-XIV/2016, dan pasangan Nikolas Johan KiliKily S.Th dan Drs.Johannis Hendrik Frans dengan nomor perkara 129/PHP.BUP-XIV/2016.

Sedangkan sidang pendahuluan untuk Pilkada kabupaten Seram Bagian Timur dan Kepulauan Aru pada 11 Januari 2016, jam 08.30 WIB. Pilkada SBT digugat oleh Siti U Suruwaky dan Syarifudin Goo dengan nomor perkara 111/PHP.BUP-XIV/2016 dan pokok perkara PHP Pilkada SBT.

Kemudian, Pilkada Aru digugat oleh pasangan Obed Barends, B. Sc, S.Sos, M.Si dan Eliza Lasarus Darakay, S.Ag dengan nomor perkara 84/PHP.BUP-XIV/2016.

Sementara itu, Tim Kuasa Hukum pasangan Rivai Fatsey-Antonius Lesnusa selaku pemohon, Munir Kairoti saat menghubungi Ambon Ekspres via seluler, tadi malam seusai sidang perdana pukul 11.30 wit mengatakan, sidang untuk Pilkada Bursel akan dilanjutkan pada 13 Januari untuk penyampaian jawaban pihak terkait, yakni KPU dan Panwaslu Bursel.

“Sidang baru saja selesai. Sidang akan dilanjutkan pada hari Rabu 13 Januari 2015 dengan agenda mendengarkan jawaban termohon dan pihak terkait,”kata Munir.

Munir mengemukakan, sidang pendahuluan yang dimulai tadi lama dengan agenda pemcaan permohonan dan penyerahan bukti tertulis. Sedangkan saksi, akan dihadirkan pada sidang kedua nanti.

“Tadi sidang itu untuk pembacaan permohonan oleh kami selaku pemohon. Bukti tertulis juga sudah diserahkan. Kalau saksi , nanti sidang berikutnya,”katanya. Ia mengaku optimis MK akan menerima gugatan pasangan Rivai-Antonius.

Tim penasehat Hukum pasangan Sitti Umuria Suruwaky-Sjaifuddin Goo (Sus-goo), Majid Latuconsina kepada wartawan, Jumat (8/1) mengatakan,pihaknya telah siap bersidang di MK sesuai jadwal, 11 Januari 2015 pukul 08.30 wib. Dalam sidang pendahuluan tersebut, kata dia, MK akan menilai kelayakan permohonan.

“Terkait gugatan kita kini sudah diterima, yakni Senin (11/1/2016) akan diadakan sidang Pendahuluan. Sidang pendahuluan itu, MK akan menilai kelayakan permohonan kita, soal bisa dan tidaknya menuju ke tahapan proses persidangan selanjutnya,”katanya.

Majid mengimbau dan berharap, sengketa yang sedang berlangsung di MK berjalan sebagaimana mekanisme dan aturan hukum yang berlaku. Sebab kata dia, proses Pilkada telah berakhir, dan tinggal menunggu putusan MK.

“Proses demokrasi sudah berakhir. Sekarang kita masuk dalam fase yang sangat menentukan. Oleh karena itu, Tim Kuasa Hukum Sus-Goo berharap agar ketertiban dan keamanan di bumi Seram Bagian Timur tetap dijaga. Hindari potensi-potensi konflik. Siapa terpilih sebagai Bupati, itulah dia Bupati Seram Bagian Timur,”imbuh dia.

Lebih lanjut kata dia, pihaknya tetap menghormati proses persidangan perkara PHP Pilkada SBT nanti. Jika gugatan yang disampaikan oleh Sus-Goo diterima, maka semua pihak harus berlapang dada menerimanya.

“Semua pihak harus menghormati proses sidang yang sedang berlangsung. Kami pihak Sus-Goo akan menghormati putusan dan apapun putusan MK, kita berharap pihak-pihak diluar tim Sus-Goo juga harus menerima. Mari kita hargai proses persidangan di MK,”imbuh dia lagi.(TAB)

Most Popular

To Top