Poly Hampir Pasti Maju – Ambon Ekspres
Trending

Poly Hampir Pasti Maju

AMBON,AE— Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Paulus Kastanya disebut akan maju sebagai calon Walikota Ambon 2017. Komunikasi politik untuk calon wakil Walikota juga sudah dilakukan. Salah satunya Sam Latuconsina.

Selain pernah bertarung pada pemilihan Walikota Ambon 2011, Poly juga punya kekuatan finansial. Salah satu orang dekat Poly, Bartholumeus Diaz saat dihubungi Ambon Ekspres via seluler, Kamis (14/1) mengatakan, kemungkinan majunya Poly sebagai calon walikota Ambon sudah pernah diungkap Poly sekitar 2015 kemarin.

“Dia biasanya dengan saya kalau soal politik. Tahun lalu saya pernah berbicara dengannya, dan dia mengatakan akan maju. Namun soal kepastian pak Poly maju, itu belum pasti. Tapi mungkin dalam waktu dekat sudah bisa disampaikan,”kata dia.

Koordinator Perhimpunan Anak Negeri Pulau Ambon ini juga mengatakan, Poly sudah berbicara mengenai siapa calon Wakil Walikota yang akan berduet dengannya. Sejauh ini, kata Bartholumeus, hanya ada satu kandidat yang ketahui pernah bertemu dan berbicara soal Pilwalkot dengan Poly.

“Mungkin mereka berdua akan berpasangan. Informasi awalnya seperti itu. Tapi resminya belum. Jadi, itu hanya berkelakar saja saat kami melakukan pembicaraan. Bahkan, mereka juga sering bertemu di Jakarta toh. Rencananya seperti itu,”tambahnya.

Apakah Poly sudah melakukan komunikasi politik dengan PDIP atau partai lainnya untuk mendapatkan rekomendasi? dia mengaku, belum tahu.”Soal rekomendasi PDIP, belum tahu sama sekali,” akunya.

Sementara itu, Poly Kastanya yang dikonfrmasi, belum membalas sms. Beberapa kali coba dikonfirmasi, namun nomor teleponnya tidak dapat dihubungi. Hingga berita ini naik cetak, Poly belum membalas sms.

Pengamat politik Universitas Pattimura, M Jen Latuconsina menilai, kemungkinan Poly akan maju pada Pilwalkot nanti.”Beliau dipastikan maju. Kekuatannya adalah partai politik koalisi bukan AMGPM (Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku). Karena AMGPM bukan partai politik,” kata Jen.

Disinggung soal partai apa saja yang berpeluang mencalonkan Poly, Jen mengaku, belum mengetahui pasti. Sedangkan untuk PDIP, kata dia, juga tidak bisa dipastikan, karena PDIP lebih memilih mengusung kadernya.

“Belum tahu pasti koalisi partai untuk mendukungnya. Karena belum ada informasi menyangkut koalisi partai yang akan mendukungnya dalam pilwalkot. Belum pasti Kastanya diusung oleh PDIP, karena PDIP juga akan mengajukan calwali yang berasal dari internal PDIP,”paparnya.

Menurut dia, mantan calon Walikota Ambon 2011 itu harus memperkuat kekuatan finansialnya. Pasalnya, pengalaman pada Pilwalkot sebelumnya, kekalahan Poly juga diakibatkan menipisnya biaya politik.

“Kekuatan Poly itu adalah dukungan finansial untuk menggerakkan mesin politiknya, karena pengalaman pilwalkot 4 tahun lalu. Kastanya mendekati hari H pencoblosan finansialnya semakin menipis untuk menggerakkan mesin politiknya. Sehingga, dipastikan Kastanya akan memilih pasangan yang tidak hanya populer, tapi juga memiliki dukungan finansial yang memadai,”jelasnya.

Belum Ada Komunikasi
Sementara itu, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Ambon, Jusuf Wally mengatakan, pihaknya belum melakukan komunikasi politik dengan Poly.”Belum ada,”kata dia.

Pengurus DPW PKS Maluku, Dudi Sahupala saat dikonfirmasi mengatakan, semuanya masih dalam wilayah komunikasi. Namun, yang pasti PKS tetap akan mendukung kader untuk maju dan berpasangan dengan siapa saja pada Pilwalkot nanti.

“Semuanya masih dalam wilayah komunikasi politik. PKS mendorong dan mendukung penuh kader-kader PKS potensial untuk maju dalam perhelatan pilkada di seluruh Indonesia,” singkatnya via sms.(TAB)

Most Popular

To Top