Golkar Maluku Dukung Munaslub – Ambon Ekspres
Trending

Golkar Maluku Dukung Munaslub

AMBON,AE— DPD Partai Golkar provinsi secara resmi menyatakan sikap mendukung pelaksanaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Munaslub dinilai sebagai wadah penyelesaian konflik internal Golkar yang telah berlangsung selama kurang lebih satu tahun.

Sekretaris DPD AMPG Provinsi Maluku, Hairudin Tuarita yang dikonfirmasi Ambon Ekspres via seluler, Senin (25/1) mengatakan, pada saat penyampaian pandangan umum di dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Golkar Maluku telah memberikan sinyal tersebut. Namun, keputusan resmi diambil setelah rapat komisi.

“Golkar Maluku mendukung Munaslub. Ini merupakan sikap resmi DPD I Golkar Maluku yang disampaikan dalam Rapimnas, tanggal 23-25 Januari di Jakarta,”kata Hairudin.

Dukungan terhadap pelaksanaan Munaslub, lanjut dia, merupakan keputusan resmi Rapimnas. Rapimnas juga menghasilkan keputusan Golkar mendukung pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, serta keputusan menghidupkan kembali Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

“Keputusan Munaslub ditempuh berdasarkan rekomendasi komisi A yang membidangi hukum yang kemudian dibahas di masing-masing komisi. Jadi, tidak disampaikan secara terbuka atau langsung,”jelasnya.

Dia menilai, Munaslub merupakan jalan tengah yang arif untuk menyelesaikan konflik Golkar. Soal waktu, dia mengaku, belum mengetahuinya.

”Munaslub jalan terbaik untuk mengakhiri konflik dan masalah-masalah Golkar secara internal. Kalau soal waktu, belum ditentukan. Tapi sesuai pidato politik ketum ARB, itu kan rencananya di depan bulan puasa,”tambah dia.

Apakah Golkar Maluku sudah mulai membicarakan figur ketum?, Hairudin menyatakan, masih terlalu dini.”Saya pikir nanti saja. Yang penting keputusan untuk melaksanakan Munaslub sudah dibuat,”katanya.

Sementara itu, Tamat R Talaohu, Pelaksana Tugas (Plt) DPD Partai Golkar kabupaten Maluku Tengah mengatakan, Munaslub merupakan kewenangan DPD I dan DPP.”DPD II tidak memiliki kewenangan untuk Munaslub. Itu ranah DPD I dan DPP,”singkatnya.
Waktu Berbeda

Kendati dua kubu mendorong Munaslub untuk mengakhiri perpecahan, namun waktu Munaslub yang berbeda-beda. DPP Golkar kubu Agung Laksono menyebut, siap melaksanakan Munaslub secara bersama, namun waktu pada Maret 2016.

“Kami DPD Provinsi se-Indonesia siap menyelenggarakan Munaslub bulan Maret 2016,” tutur, Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Ancol Agung Laksono di kediaman pribadinya, Jalan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Senin (25/1/2016) seperti dikutip dari Detik.com.

Sementara itu, ketua Umum DPP Golkar versi Munas Bali, Aburizal Bakrie mengungkapkan, Munaslub direncanakan pada Juni 2016. Golkar kubu Aburizal Bakrie (Ical) sepakat menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa paling lambat Juni 2016.

“Waktu dan tempat diserahkan (ke DPP Partai Golkar),” kata Wakil Ketua Umum Golkar versi Ical, Nurdin Halid, di arena Rapimnas, Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Senin (25/1/2016).(TAB/detik.com)

Most Popular

To Top