Laut Ambon Kotor, 2 Turis Ajukan Protes – Ambon Ekspres
Trending

Laut Ambon Kotor, 2 Turis Ajukan Protes

AMBON, AE— Tumpukan sampah yang mengotori laut di Teluk Ambon, tak hanya mengundang keprihatinan aktivitas lingkungan.

Dua wisatawan asing asal Amerika Serikat juga mengajukan protes terbuka dengan mendatangi Pemerintah Kota Ambon. Mereka berharap pemerintah lebih tegas terhadap masalah sampah di laut.

Kedatangan kedua wisatawan itu langsung disambut Wakil Walikota Ambon, Sam Latuconsina. Sam didampingi Kepala Dinas Kebersihan, serta Kepala Dinas Pariwisata Ambon. Salah satu dari kedua wisatawan itu bernama Ken Scarbrough. Dia merupakan presiden sebuah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang Ultimate Dive Travel.

Ken sudah berada di Ambon selama delapan hari. Dia terpaksa mengadukan kondisi laut kota ini yang sudah terkontaminasi sampah. Sampah-sampah itu ditemukan saat mereka melakukan penyelaman (diving) di sepanjang Teluk Ambon.

Mereka mengaku terganggu dengan kondisi tersebut. Karena itu keduanya mengajukan kerjasama dengan Pemkot Ambon guna mengatasi persoalan sampah khususnya di laut. Ken menginginkan laut di kota ini harus bersih dari sampah.

Dia menilai Kota Ambon sudah bersih. Namun dia menginginkan agar kebersihan itu bukan saja di darat, tapi laut juga mesti menjadi perhatian. Kata dia, laut Kota Ambon punya potensi besar sebagai tempat wisata dan bisa menarik perhatian dunia.

Dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Ambon, Morits Lantu mengatakan, sampai saat ini penanganan sampah di laut masih agak lambat. Ini disebabkan penanganannya masih menggunakan sistem manual dengan cara tanggul untuk mencegah sampah agar tidak hanyut.

Dikatakan, sebanyak dua kubik sampah diangkat dari laut pada setiap harinya. Bahkan angkutan yang ditugaskan mengangkut sampah ke TPA setiap hari harus bolak balik hingga 20 kali untuk mengangkut sampah-sampah itu.

Wakil Walikota Ambon, Sam Latuconsina menambahkan, selama ini Pemkot Ambon sudah berupaya membuat kota ini bersih. Tahun lalu Pemkot Ambon sudah mengadakan pembersihan laut dengan menggunakan tiga speedboat yang beroperasi setiap harinya dari pukul 08.00 WIT hingga 12.00 WIT.

Namun katanya, hal itu juga belum bisa tertangani secara maksimal. Diupayakan tahun ini akan ada penambahan speedboat lagi. “Kedatangan Mr Ken dan temannya hari ini karena merasa miris dengan sampah di laut.

Sekaligus memberikan masukan buat pemkot dan seluruh masyarakat Kota Ambon untuk peduli terhadap laut,” tuturnya kepada awak media.

Sam juga mengapresiasi positif kunjungan dua wisatawan itu. “Ini menjadi semangat bagi Pemkot Ambon untuk lebih semangat dalam bekerja mengatasi sampah di laut,” tandasnya.

Dalam kunjungan itu, Mr Ken juga mendonasikan uang sebesar Rp 5 juta kepada Pemkot Ambon untuk operasional membersihkan sampah di laut. ‘’Mr Ken juga akan berkordinasi dengan teman-temanya untuk membantu penanganan sampah di Kota Ambon khusus di laut.

Saya juga berharap kepada seluruh masyarakat Kota Ambon untuk sama-sama menjaga kebersihan bukan hanya didarat tapi juga di laut. Pemkot Ambon juga akan terus berusaha menjaga kebersihan kota ini secara total,” pungkas dia.(MG3)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!