Pemilihan Rektor Belum Terjadwal – Ambon Ekspres
Trending

Pemilihan Rektor Belum Terjadwal

AMBON,AE— Jadwal pemilihan Rektor Universitas Pattimura Ambon, belum dipastikan. Hingga tadi malam, belum ada konfirmasi resmi soal kehadiran Mentri Riset, Teknologi dan Teknologi (Menristek Dikti) Mohammad Nasir.

Sekretaris Ketua Komisi Pemilihan Calon Rektor (KPCR) Unpatti, Talakua yang dikonfirmasi Ambon Ekspres via seluler, Minggu (31/1) mengaku, belum mengetahui pasti kedatangan Menristek. Karena itu, jadwal pemilihan Rektor akan disesuaikan dengan kepastian kedatangan Menristek.

“Kepastiannya, belum tahu karena ada Rakernas (Rapat Kerja Nasional). Jadwalnya akan disesuaikan dengan jadwal Pak Menteri,”kata Talakua.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemilihan Rektor Universitas terbesar di Maluku itu direncanakan pada 29 Januari 2016. KPCR juga telah menyampaikan undangan resmi kepada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Namun, rencana tersebut dibatalkan. Pasalnya, Menristekdikti, Mohammad Nasir sedang mengikuti Rakernas, 1-3 Februari 2016. Karena itu, lanjut Talakua, pihaknya akan kembali mengonfirmasi menteri soal kehadirannya di Unpatti.

Dia juga menjelaskan, kehadiran menteri sangat penting, karena memiliki 35 persen atau 33 suara. Sedangkan dari senat sebanya 65 persen atau 62 suara. “Kalau beliau (Menristek-red) memiliki 35 persen atau 33 suara dari total 100 persen. Kalau anggota senat sebanyak 62 suara atau 65 persen,” sebutnya.

Ditanya soal kesiapan KPCR, dia mengaku, sudah seratus persen. Pemilihan sendiri, kata dia, hanya berlangsung dalam satu hari. “Jadi hanya menunggu jadwal pak menteri. Karena persiapan KPCR sudah oke. Semuanya sudah diatur. Ya, biasanya pemilihan berlangsung satu hari saja,”tambah dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPCR Unpatti yang diketuai Dekan Fakultas Hukum, Dr Jantje Tjiptabudy telah menetapkan tiga calon rektor dari empat calon yang berkompetisi. Mereka adalah Prof Dr.Thomas Pentury, M.Si yang masih menjabat sebagai rektor Unpatti, Pembantu Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Unpatti, Prof Dr M J Sapteno, SH M.Hum, dan guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpatti Prof Dr Tonny Donald Pariela, MA. (TAB)

Most Popular

To Top