Curanmor Kian Marak – Ambon Ekspres
Metro Manise

Curanmor Kian Marak

AMBON,AE— Aksi kejahatan pencurian sepada motor di wilayah kota Ambon dan sekitanya, patut menjadi perhatiaan. Di awal tahun ini, pihak kepolisian Satreskrim Polres Pulau Ambon dan Pp.Lease  mengantongi 14 laporan kasus curanmor. Dari sejumlah laporan kebanyakan pelaku mebidik kompleks perumahan warga menjadi sasaran aksi kejehatan pencuriaan.

Namun begitu, sulit mengungkap pelaku. Para pelaku curanmor begitu gesit menghindari pengejaran pihak kepolsiaan. Akibatnya dari sejumlah kasus curanmor yang dilaporkan warga sulit terungkap secara pasti.

Apakah mereka (pelaku) ini bersindikat dan berhubungan dengan sejumlah kasus-kasus yang sudah dilaporkan. Mereka bergerak secara berkelompok atau bergerak secara tunggal. Hal ini dityelusuri polisi.

Dari jenis tindak pidana yang kerap terjadi, didominasi kasus pencuriaan. Salah satunya curanmor, berikutnaya kasus kekerasan yang berada pada titik dominasi cacatan angka kriminalitas teratas. Dari belasan kasus yang terjadi di Bulan Januri, terkait aksi kejahatan pencuriaan sepeda motor, cacatan kriminal polisi kebanyak pelaku membidik perumahan penduduk.

”Kalau di Januari (2016-red) ada 14 kasus curanmor, dilihat dari laporan yang kita terima kebanyakan aksi pencuriaan ini terjadi di pekerangan rumah warga. Ada juga ditempat-tempat umum. Jadi pelaku melakukan aksi pencuriaan ketika ada kesempatan, jadi tidak menentu,” ungkap Iptu Izaak Salamor KBO Satreskrim Polres Ambon, Senin, (1/2).

Menyoal sulitnya mengungkap pelaku kejahatan curanmor tersebut, kebanyakan pelaku mempreteli sepada motor hasil curiaanya. ”Kemungkinan kendaraan curian itu dipreteli. Kita bisa lihat kasus di Passo kemarin. Ada beberapa kasus pelaku sudah terungkap, kebanyakan pelakunya anak-anak usia belasan. Kalau sudah dipreteli itu sulit untuk kita ungkap,” kata Salamor.

Ditegaskan, pihaknya masih menelusuri sejumlah kasus curanmor. ”Kasus-kasus ini kita akan tetap telusuri, tetapi sejau ini kita belum lihat apa ada sindikat berhubungan dengan kasus-kasus lain. Itu yang kita belum lihat,” imbuhnya.(ERM)

Most Popular

To Top