Garuda Perluas Jaringan – Ambon Ekspres
Amboina

Garuda Perluas Jaringan

AMBON, AE.—General Manager Garuda Indonesia Cabang Ambon, Sonny Pongoh mengatakan, pihaknya akan menghidupkan kembali rute Surabaya – Ambon – Sorong yang dalam beberapa waktu lalu sempat mengalami penurunan.

“Penjajakan rute tersebut dilakukan sebagai upaya menghidupkan kembali rute Surabaya- Ambon-Sorong yang saat ini mengalami penurunan,” kata dia saat menerima kunjungan Ambon Ekspres, di kantornya, Kamis, (4/2).

Menurutnya, tahun ini jika jaringan semakin diperluas, otomatis akan berdampak baik bagi perkembangan bisnis maskapai, khususnya Garuda di bagian Indonesia Timur. “Misalnya, kalau rute Surabaya-Ambon ini dihidupkan atau dibuka kembali, otomatis penerbangan dari Saumlaki, Tual dan Sorong yang ingin menuju Surabaya melalui Ambon akan bertambah,” paparnya.

Selama ini para penumpang dari Ambon tujuan Sorong, Jayapura, Timika dan daerah lain di Papua harus transit ke Makassar dulu, baru melanjutkan ke kota tujuan karena belum ada penerbangan langsung. Sehingga dengan rute penerbangan Ambon-Surabaya diharapkan membantu masyarakat pengguna jasa penerbangan.

Dia juga menambahkan, maskapai penerbangan Garuda Indonesia menjajaki rute Ambon-Nabire menyusul telah dibukanya rute Ambon-Sorong pada Mei 2015 lalu. “Rute Surabaya- Ambon-Sorong akan menghubungkan Nabire-Ambon menggunakan pesawat ATR 72-600,” ungkapnya.

Dibuka kembali akses penerbangan ini, kata dia, karena melihat pasar penerbangan di Indonesia Timur semakin diminati oleh pelanggan. “Prinsipnya Garuda akan siap melayani penerbangan dibeberapa kota, yang terpenting seluruh fasilitas pendukung sudah memadai, sehingga lewat rute penerbangan yang ada diharapkan dapat membantu masyarakat untuk melakukan kunjungan ke daerah di luar Maluku,” katanya.

Diakuinya, peningkatan penumpang berbagai tujuan baik dari dan ke Ambon terus mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. “Peningkatan terjadi untuk rute Jakarta – Ambon, Makassar, Ternate, Sorong, maupun rute dalam wilayah Maluku seperti Saumlaki,” tutupnya. (IWU)

Most Popular

To Top