Perburuan Trofi Garuda Yaksa Championship Dimulai – Ambon Ekspres
Olahraga

Perburuan Trofi Garuda Yaksa Championship Dimulai

AMBON, AE.—Sebanyak 200 karateka mengikuti Kejuaraan karate terbuka ‘Garuda Yaksa Championship’ 2016. Kejuaraan yang diputar oleh Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Maluku  bekerjasama dengan DPD Gerindra Maluku itu dipusatkan di Sport Hall Karang Panjang Ambon.

Kejuaraan yang berlangsung 4-6 Februari mendatang tersebut diikuti oleh seluruh karateka dari kabupaten/kota se-Maluku. Bukan hanya itu, kontestan dari Gorontalo juga memanaskan perburuan tropy Garuda Yaksa Championship (GYC) edisi pertama ini.
Event itu dihadiri Gubernur Maluku, Said Assagaff, Ketum Forki Maluku, Kasrul Selang, Ketua DPD Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa hingga pimpinan pengurus perguruan karate se-Maluku.

Said Assagaff mengapresiasi semangat dan kerja keras semua pihak yang telah menggulirkan event ini.’’ Semangat tetap kami pelihara, tetap menggelora untuk memajukan bangsa dan Maluku. Event ini sebagai momentum untuk mengembalikan prestasi olahraga karate,’’ ungkap Assagaff dalam sambutannya saat membuka GYC di Sport Hall kemarin pagi.

Lebih jauh dikatakan, kejuaran karate ini tidak hanya diikuti oleh peserta dewasa, tetapi juga anak-anak. Terlihat, anak-anak tersebut antusias menjadi peserta dan berkeinginan kuat mengukir prestasi.’’ Anak-anak tersebut merupakan bibit olahraga masa depan. Keikutsertaan mereka patut diapresiasi,’’ katanya.

Untuk itu, orang nomor satu di Maluku ini berpesan, agar kelangsungan pelatihan anak-anak tersebut harus menjadi perhatian semua pihak.’’ Begitu juga dengan atlet dari daerah yang memiliki potensi, mereka bisa dididik menjadi karateka handal di masa mendatang. Potensi ini harus menjadi perhatian bersama,’’ sambung dia.

Assagaff juga mengajak para peserta untuk menjunjungi tinggi sportivitas dalam kompetisi dan semangat tidak menyerah.’’ Sang juara bukan dia yang tak pernah kalah, tapi dia yang memiliki semangat tak terkalahkan,’’ ujarnya.’’ Kepada wasit/juri, saya berpesan agar menjalankan peran secara sehingga kualitas turnamen ini bisa tetap terjaga,’’ imbuh Assagaff.

Sementara itu, Ketua Umum DPD Gerindra Maluku, Hendrik Lewrissa, untuk menjaring bibit karateka di ‘Bumi Seribu Pulau’, pengurus DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Maluku bekerjasam dengan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Maluku menggagas kejuraan karate ini dan puji Tuhan bisa terlaksana hari ini (kemarin)
Menurutnya, tujuan inti dari event ini adalah bisa melahirkan karateka tangguh dan berprestasi, sehingga mampu mengharumkan nama Maluku (Kota Ambon) di tingkat nasional maupun internasional.

’’ Dengan diadakannya kejuaraan ini, kami semua berharap ini  merupakan awal dari kebangkitan cabang olahraga Karate di Maluku terlebih di Kota Ambon,’’ ungkap Lewerissa.

Pria berkumis ini melanjutkan, sebagai satu cabang olahraga (cabor) prestasi, karate tentunya menjadi satu cabor yang diperhitungkan.’’ Minimnya kejuaraan karate di Maluku tentunya bukanlah sebuah hal yang menurunkan semangat, justru menjadi motivasi untuk membangkitkan kembali gairah para karateka di belahan timur Indonesia (Maluku) untuk berlatih dan bertanding menunjukkan performa terbaiknya,’’ katanya.

Selain itu, lanjut mantan atlet perguruan Lemkari ini, ajang tersebut merupakan barometer pembinaan karateka serta menjadi motivasi bagi pemerintah dan KONI Maluku untuk lebih memperhatikan serta meningkatkan prestasi olahraga.

’’ Apa yang dilakukan ini semata-mata untuk menjadikan Maluku sebagai provinsi yang melahirkan atlet potensial, terutama cabor karate dan saya berharap ini moment yang tetap untuk atlet PON Maluku untuk menunjukan kualitas mereka,’’ katanya.

Lewerissa berjanji akan mendukung seluruh kegiatan yang bersifat positif sebab partai ini tidak fokus untuk politik saja melainkan fokus pada semua aspek, termasuk olahraga.’’ Kami dukung penuh pelaksanaan kejuaraan ini karena kegiatannya positif, kreatif yang memberikan manfaat signifikan bagi kemajuan karate di Maluku,’’ pungkasnya.

SELEKSI MENUJU PIALA KASAD dan MENDAGRI CUP
Kasrul Selang, Ketum Forki Maluku menjelaskan, kejuaraan karate ini baru pertama kali diputar, nah, kalau semua berjalan sesuai dengan skenarion, maka kami akan masukan GYC dalam agenda tetap Forki Maluku.’’ Semoga melalui event ini bisa menghasilkan karateka-karateka muda yang handal bagi nusa dan bangsa, lebih khusus mengharumkan nama ‘Bumi Seribu Pulau’ dikancah nasional maupun internasional,’’ bilang dia.

Dijelaskan, event ini akan dipertandingkan puluhan nomor dan kejuaraan tersebut merupakan salah satu persiapan awal yang dilakukan FORKI Maluku untuk menyeleksi atletnya menuju kejurnas Piala Kasad maupun Mendagri Cup yang akan bergulir tahun ini.’’ Semua atlet harus maksimal bila ingin mewakili Maluku dipentas nasional,’’ ucapnya.

Jadi, kata dia, pelaksanaan kejuaraan ini sangat tepat, karena usia event ini, kami akan menjaring beberapa atlet untuk persiapan Piala Kasad dan Mendagri Cup.’’ GYC ini menjadi ajang seleksi yang efektif,’’ katanya.

Selang pun mengingatkan kepada seluruh Karateka yang tampil dalam event tersebut agar menampilkan kebolehan dengan sebaik-baiknya, serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, kejujuran dan fair play.’’ Intinya adalah, event ini memberikan kesempatan pada atlet dan pelatih menambah pengetahuan dan kemampuan secara komprehensif demi kemajuan serta peningkatan prestasi karate di Tanah Air (Maluku),’’ kunci Selang. (ZAL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!