Sam Bisa Calon Walikota? – Ambon Ekspres
Politik

Sam Bisa Calon Walikota?

AMBON, AE.—Sam Latuconsina saat ini menjadi nona manis sebagai Calon wakil Walikota Ambon 2017 mendatang. Pasalnya, Sam diklaim punya kekuatan finansial, basis sosial maupun politik. Tak hanya wakil, Sam juga dinilai bisa menjadi calon Walikota.

Analisis politik asal Uiversitas Darussalam Ambon, Almudatsir Sangadji mengatakan, keinginan Sam Latuconsina maju lagi sebagai calon wakil Walikota, dia mengaku, perlu diapresiasi sebagai sebuah pilihan berpolitik. Namun, dengan posisi tawar, ditunjang dengan elektabiltas dan aksebilitas yang tinggi saat ini, maka harusnya Sam melakukan loncotan dan maju sebagai calon Walikota.

“Sehingga, bagi saya, kalau Sam maju sebagai wawali lagi, itu tidak menarik. Padahal, dia berpeluang. Karena itu, dia harus melakukan terobosan politik keatas. Dia adalah figur yang lumayan mendarat dan mampu membangun komunikasi dengan semua level. Sam harus berani melakukan terobosan politik,”kata Almudastsir via seluler, Kamis (4/2).

Sementara itu, pengamat politik Universitas Pattimura, Jen Latuconsina menilai, Sam memiliki dukungan financial, basis sosial, dan basis politik yang komprehensif. Namun, apakah berbagai faktor pendukung ini bisa dijadikan sebagai lompatan politik untuk mencalonkan Sam Latuconsina sebagai calonm Walikota Ambon 2017 mendatang, Jen mengaku dibatasu aspek demografis.

“Aspek demografis (kependudukan) Kota Ambon tidak memunginkan Sam Latuconsina maju sebagai calon Walikota Ambon. Pasalnya preferensi politik para pemilih di Kota Ambon masih dominan mengedepankan aspek sosiologis yakni, kesamaan latarabelakang agama pemilih dengan calon Walikota Ambon, dimana mayoritas pemilih Kristen tidak akan memilih calon Walikota Ambon yang berlatarabelakang Islam,”kata dia.

Menurut Jen, Sam menyadari sungguh faktor determinan tersebut. Sebaliknya, jika konfigurasi pemilih Kristen dan Islam merata layaknya di kabupaten Maluku Tengah, kemungkinan Sam akan maju sebagai walikota.

“Saya kira Sam Latuconsian sadar betul akan factor determinen ini. Namun jika saja konfigurasi pemilih Kristen dan Islam merata layaknya di Kabupaten Maluku Tengah, maka Sam Latuconsina akan melakukan lompatan politik dengan mencalonkan dirinya sebagai Walikota Ambon,”urainya.

Dia mengungkapkan, eksperimen dengan konfigurasi Calon Walikota Ambon dari kalangan Muslim sudah pernah coba pada Pilwalkot 2009 dengan figur Mader Rahman Marasabessy. Tetapi, perolehan suara yang bersangkutan tidak terlalu signifikan.

Eskperimen politik ini pernah dicoba oleh Made Rahman Marasabessy sebagai figur calon Walikota Ambon saat Pilwakot 9 tahun lalu, tapi perolehan suaranya tidak signifikan karena rata-rata para pemilih Kristen tidak menjatuhkan pilihan politiknya kepada Made Rahman Marasabessy,”tukas Jen. (TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!