Ramli Umasugi Calon Tunggal? – Ambon Ekspres
Trending

Ramli Umasugi Calon Tunggal?

AMBON,AE— Pemilihan kepala daerah kabupaten Buru, tahun 2017 nanti diprediksi diikuti lebih dari satu pasangan calon. Selain Ramli Umasugi, kader Partai PKS Soedarmo juga telah dipersiapkan untuk maju. Sampai kemarin, belum ada figur yang memastikan bertarun selain Ramli. Karena itu, ada dugaan incumbent ini akan maju sebagai calon tunggal.

Soal Soedarmo, PKS juga belum mengambil langkah politik. Informasi yang diperoleh, PKS masih melihat Ramli masih terlalu kuat, karena itu belum ada langkah politik terkait pilkada Buru. “Kemungkinan akan didorong pak Soedarmo berpasangan dengan Ramli Umasugi,” kata sumber Ambon Ekspres.

Pengamat politik Universitas Pattimura (Unpatti) M. Jen Latuconsina mengatakan, rencana PKS untuk mengusung Soedarmo menjadi isyarat bahwa Pilkada di daerah itu akan diramaikan oleh beberapa pasangan calon. “Kalau untuk Buru, tidak mungkin satu pasangan calon,” katanya, Senin (8/2).

Sebelumnya, sejumlah nama disebut-sebut menjadi pesaing Ramli Umasugi, diantaranya politisi senior PDIP Saleh Mukadar dan mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Etha Hentihu yang dikabarkan akan berpasangan dengan mantan wakil bupati Buru, Bakri Lumbessy. Namun, rencana Etha Hentihu diprediksi tidak berlanjut, sebab Hentihu dikabarkan lebih memilih mendukung Ramli

Menyoal kemungkinan Sudarmo dan Ramli dipaketkan menjadi satu pasangan calon, Latunconsina menegaskan, itu sulit dilakukan, mengingat Ramli Umasugi masih ingin maju bersama wakilnya saat ini, Juhana Soedradjat di Pilkada nanti.

Kendati begitu, Jen Latuconsina menilai, Ramli Umasugi yang akan menjadi Incumbent dalam pilkada Buru itu, memiliki peluang yang lebih besar untuk memperoleh dukungan dari mayoritas masyarakat di daerah itu.

Sebab, Ramli memiliki basis politik. Ini akan didukung dengan partai Golkar memiliki basis massa yang besar di kabupaten Buru, bila melihat jumlah kursi yang diperoleh partai berlambang beringin itu di DPRD Buru. Dari 25 kursi, Golkar mendapatkan 10 kursi.

Selain itu, prediksi peluang Ramli untuk menang karena selama lima tahun terakhir menjadi bupati Buru, Ramli dinilainya berhasil dalam beberapa program pembangunan.

Pengamat politik lain dari Unpatti, Johan Tehuayo mengemukakan hal yang sama. Pilkada Buru akan diikuti lebih dari satu pasangan calon. Namun, Ramli Umasugi akan menjadi incaran partai politik yang lain, selain Golkar untuk diajak berkoalisi, mengingat, Umasugi masih terlalu kuat secara elektabilitas untuk disaingi di Pilkada Buru nanti.

Apalagi, kata Tehuayo kepemimpinan politik taransformasi Ramli Umasugi yang dijalankan selama ini memberikan dampak positif terhadap kondisi ekonomi masyarakat kabupaten Buru yang lebih stabil dan mengalami kemajuan yang baik.

Ini karena pengelolaan pemerintahan daerah yang efektif, transparan dan akuntabel serta profesional yang berakibat pada pembangunan daerah yang adil dan merata di seluruh struktur sosial masyarakat.

Pengamat politik Universitas Darussalam (Unidar) Ambon Muhammad Alfa Sikar mengemukakan, dalam politik, semua kemungkinan bisa terjadi, termasuk kemungkinan Ramli Umasugi maju sebagai calon tunggal bupati Buru.

“Yang namanya politik, kan seperti cuaca, ya, Bisa berubah-rubah. Jadi, untuk saat ini, kita bisa bilang bahwa Incumbent itu bisa jadi calon tunggal, karena kurangnya jumlah figur yang dapat menyaingi dalam hal elektabilitas,” ungkap Alfa Sikar.

Ramli Umasugi bisa maju dengan “kotak kosong”, bila sejak awal ketua DPD Golkar kabupaten Buru itu Ramli proaktif membangun komunikasi politik dengan petinggi partai politik lain yang memiliki kader potensial serta punya basis massa yang juga besar.

“Tapi dari sisi elektablitas, beliau bisa beperluang unggul. Karena, kan banyak instrument yang bisa digunakan. Salah satunya, ya birokrasi. Selain, tentu keberhasilan pembangunan yang dicapai selama ini. Masyarakat akan menjadikan itu sebagai indikator utama dalam menentukan pilihan mereka,” pungkasnya. (MAN)

Most Popular

To Top