2 Jurnalis Bertarung Rebut SBB 1 – Ambon Ekspres
Trending

2 Jurnalis Bertarung Rebut SBB 1

Ambon, AE— Dua jurnalis senior di Maluku, menyatakan kesiapan mereka untuk maju bertarung dalam pemilihan kepala daerah Seram Bagian Barat. Keduanya juga berjanji akan bertarung jujur, dan adil, tanpa menggunakan cara-cara tidak beretika untuk merebut kursi Bupati dari Jacobus Puttileihalat.

Keduanya, adalah Levinus Kariuw yang kini pemilik Harian Spektrum dan Sahlan Helut dari SCTV. Levinus atau biasa disapa Levi, cenderung menggunakan jalur partai politik untuk mencalonkan diri, sementara Sahlan dikabarkan memilih jalur independen. Namun komunikasi dengan parpol juga sudah dilakukan Sahlan.

Levi kini sudah membangun komunikasi dengan beberapa partai politik, namun dia menolak menjelaskan detail. “Pokoknya sudah beberapa parpol. Sejauh mana komunikasi itu, saya belum bisa sampaikan. Yang jelas, sudah dilakukan. Dan setiap parpol punya mekanisme dalam perekrutan. Saya menghormati itu,” tandas dia.

Konsolidasi, kata dia, sudah dilakukan dengan simpul-simpul basis massanya di SBB, namun langkah pada pembentukan tim belum dilakukan. Kata dia, ada saatnya tim dibentuk, terpenting adalah menghidupkan kembali simpul-simpul basis massanya di daerah yang pernah dilakukan pada pemilihan legislatif 2014 lalu.

“Basis saya kan terpelihara. Dan sengaja itu saya lakukan, karena target politik saya ya pilkada ini. Tujuannya hanya satu, membangun SBB lebih baik lagi. Bukan berarti yang sekarang tidak baik, tapi namanya pembangunan harus terus dilakukan tanpa henti agar masyarakat sejahtera,” kata dia.

Hal yang sama juga dilakukan Sahlan Helut. Kata dia, konsolidasi sudah dilakukan usai pilkada tahun 2011 lalu. Bahkan hampir semua kecamatan sudah disentuhnya termasuk desa-desa terpencil. “Konsolidasi sudah lama saya lakukan. Lima tahun. Saya kira, pekerjaan politik tidak akan sia-sia,” kata dia.

Banyak masalah dalam pembangunan ditemukan, kata Sahlan, selama konsolidasi dan sosialisasi dilakukan di daerah-daerah. “Memang butuh pembenahan lebih baik. Dan ini juga menjadi tujuan politik saya untuk bertarung, membangun masyarakat SBB jauh lebih baik lagi,” tandas Sahlan.

Soal komunikasi dengan parpol, Sahlan mengatakan, akan dilakukan, karena memang itu variabel yang tak bisa dipungkiri sangat penting dalam pemilihan kepala daerah. “Komunikasi tetap dilakukan. Konsolidasi untuk memperkuat modal social saya juga terus dilakukan. Dua hal ini menjadi penting jika ingin menang dalam pilkada,” kata dia.

Namun bagi Sahlan maupun Levi, mereka bangga bisa menjadi jurnalis dan bertarung dalam pilkada. “Kami tidak mengatasnamakan jurnalis, tapi paling tidak lewat profesi ini kami ditempa dan diajarkan tentang bagaimana menjaga etika berpolitik ketika bertarung dalam pilkada,” kata keduanya dalam kesempatan berkumpul bersama jurnalis usai latihan futsal.

Untung Sangadji Maju

Sementara itu, AKBP Untung Sangadji juga menyatakan siap untuk maju dalam pilkada SBB 2017 mendatang. Pria yang berhasil menumbangkan teroris saat penyerangan ke jantung Indonesia, mengatakan langkah politik itu diambil karena permintaan masyarakat SBB.

Dia mengaku, merasa terpanggil untuk melihat kembali ketertinggalan di SBB. “Masyarakat sedang menantikan momen pemilihan Kepala Daerah yang tinggal setahun lagi, mereka menginginkan pemimpin yang jujur, dan baik, yang bisa mengedepankan keutamaan masyarakat dari pada mengutamakan kepentingan peribadi maupun kelompok,” kata Untung.

Menurut Dia, potensi SBB sangatlah menjanjikan baik darat maupun laut, tetapi potensi itu tidak di manfaatkan dengan baik oleh pemerintah untuk mensejahterahkan rakyatnya. Apalagi mereka yang tinggal daerah terpencil sampai saat ini masih hidup tanpa infrastruktur penerangan dari PLN.

Saat ini Untung sudah mendekati beberapa partai politik, hasilnya ada respon baik. “Ada parpol yang siap mendukung saya, tetapi untuk sekarang, saya belum bisa menyampaikan partai apa,” jelasnya. (ISL/MG2)

Most Popular

To Top