Mukti-Johan Dilantik 17 Februari – Ambon Ekspres
Trending

Mukti-Johan Dilantik 17 Februari

Tagop-Orno akan Menyusul

AMBON,AE— Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Timur dan Kepulauan Aru terpilih, Abdul Mukti Keliobas-Fachri Husni Alkatiri dan Johan Gonga-Muin Sogalrey akan dilantik pada 17 Februari di Ambon.

Kepastian pelantikan sesuai surat edaran (SE)  Menteri Dalam Negeri nomor 005/389/SJ tentang jadwal pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang diterbitkan 5 Februari 2016.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Provinsi Maluku, Jasmono kepada Ambon Ekspres di ruang kerjanya, Selasa (9/2) mengatakn, SE Mendagri baru diterima 6 Februari. Kata dia, surat itu menjelaskan tentang jadwal pelantikan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Jadi, untuk pelantikan Bupati dan wakil Bupati akan dilakukan secara serentak di ibu kota provinsi (Ambon) pada tanggal 17 Februari 2016,”kata Jasmono. Jasmono mengungkapkan, secara teknis, untuk usulan pengesahan dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten SBT, sudah disampaikan ke Mendagri.

Sementara, untuk kabupaten Kepulauan Aru, DPRD setempat baru melaksanakan rapat Paripurna, Selasa (9/2). Direncanakan, usulan ke Kemendagri, akan disampaikan hari ini. “Dan besok pagi (hari ini) usulan dari DPRD kabupaten Aru, akan disampaikan ke pak Gubernur hari Rabu, besok. Dan, hari berikutnya akan disampaikan ke Mendagri,” ujar dia.

Disinggung soal kesiapan pemerintah provinsi Maluku, Jasmono mengaku, pihaknya akan menggelar rapat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, hari ini. Namun, soal lokasi pelantikan, kata dia, segera dikoordinasikan dengan Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Sekretaris Daerah (Sekda) Hamin Bin Tahir.

“Secara teknis, rapat kesiapan akan dilakukan, besok dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Mengenai tempatnya, akan kita laporkan kepada Bapak Gubernur dan Sekretaris Daerah (Sekda). Apakah di lantai 7 kantor gubernur, atau di lokasi lain. Nanti kita tunggu arahan dari bapak Gubernur dan bapak Sekda,” terangnya.

Disinggung soal rencana pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kabupaten Buru Selatan dan Maluku Barat Daya, Tagop Sudarsono Soulisa-Ayub Saleky dan Barnabas Nataniel Orno-Benjamin Noach, dia mengaku, sesuai hasil koorindasi terakhir dengan Kemendagri, dijadwalkan pada Juni.

Namun, lanjut dia, informasi dari Kepala Pusat Penerangan Umum (Kepuspen) Kemendagri, bahwa bulan Maret dilakukan pelantikan, karena masa akhir jabatan (AMJ) Tagop dan Barnabas pada 22 Juni 2011 dan 26 April 2011.

“Berdasarkan hasil koordinasi terakhir kami dengan Kemendagri, untuk kabupaten Buru Selatan dan Maluku Barat Daya, pelantikannya akan dilakukan pada akhir bulan Juni. Tetapi, kemarin, sempat ada informasi dari Kepala Pusat Penerangan Umum (Kepuspen) Kemendagri, bahwa bulan Maret. Tapi, yang jelas, kita tetap menunggu edaran resmi Kemendagri,” bebernya.

Sedangkan secara teknis, jelas dia, pemprov Maluku melalui Biro pemerintahan telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah Bursel dan MBD. Hasilnya, dalam waktu dekat DPRD masing-masing daerah akan menggelar Rapat Paripurna Istimewa untuk mengumumkan hasil penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Soal Kabupaten Bursel dan MBD, kita sudah koordinasikan dengan pemerintah daerah masing-masing. Dan, dalam waktu dekat, mereka juga akan melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa untuk mengumumkan hasil penetapan calon terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan mengumumkan akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati periode sebelumnya,” tukasnya.

Ketua KPU Provinsi Maluku, Musa Latua Toekan saat dikonfirmasi, menyampaikan hal senada. Kata dia, sesuai SE Mendagri 005/389/SJ, maka Bupati dan Wakil Bupati SBT dan Aru, akan dilantik terlebih dahulu, menyusul MBD dan Bursel.

“Iya, jadi sesuai edaran 005/389/SJ itu, maka kemungkinan yang dilantik duluan adalah Bupati dan wakil bupati SBT dan Aru. Tapi, usulan pengesahan dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Aru terpilih kan belum disampaikan. Kemungkinan besok (hari ini) atau lusa (besok),”singkat Toekan via seluler.

Menghadap Jokowi
Sementara itu, seperti dilansir dari laman Kemendagri, Selasa (9/2) yang dikutip dari viva.co, Senin (8/2) Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan, sebanyak 202 bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota terpilih, akan dilantik pada Rabu, 17 Februari 2016, di masing-masing ibu kota provinsi oleh gubernur daerah setempat.

Usai dilantik, para kepala daerah dan wakilnya tersebut akan diundang ke Istana Negara, Jakarta untuk diberikan arahan oleh presiden dan sejumlah menteri terkait serta petinggi negara lainnya.

“Untuk empat kabupaten/kota dan satu provinsi diundur, 7 bupati/wali kota masih proses sengketa di Mahkamah Konstitusi,” kata Tjahjo melalui pesan singkatnya, Senin (8/2).

Sedangkan pada Maret rencananya akan ada 11 Bupati dan Wakil Bupati, serta wali kota dan wakil wali kota terpilih yang akan dilantik. Daerah yang masih menjalani sidang sengketa pilkada juga direncanakan dilantik bersamaan di bulan tersebut, usai Mahkamah Konstitusi mengeluarkan putusan final sengketa Pilkada. (TAB/kemendagri.co.id/viva.co)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!