85 Persen Sekolah Siap UN Online – Ambon Ekspres
Trending

85 Persen Sekolah Siap UN Online

AMBON, AE— Komisi II DPRD Ambon memastikan, dari hasil pengawasan maupun lintas koordinasi dengan Dinas Pendidikan kota Ambon maupun stakeholder lainnya, persiapan Ujian Nasional (UN) online atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP dan SMA/SMK di kota Ambon sudah mencapai 85 persen.

“Untuk Kota Ambon sudah 85 persen yang siap melaksanakan ujian online. Kurang lebih sisanya kita belum tau. Tetapi kita akan terus mendorong hingga seluruh sekolah di kota Ambon untuk tingkat SMP dan SMA bisa 100 persen ujian online,” ungkap Ketua Komisi II DPRD Ambon, Jusuf Latumeten kepada wartawan di Balai Rakyat Belakang Soya, Jumat (12/2).

Politisi Demokrat dapil Nusaniwe ini menilai, tidak selamanya persoalan ujian nasional menjadi tanggung jawab maupun pengawasan dari pemerintah kota dan DPRD Ambon. Karena nantinya akan diserahkan kepada pemerintah provinsi sebagai penanggung jawab.

Karena itu, sekolah yang tadinya memiliki keterbatasan fasilitas, bisa dijangkau bila pemerintah kota/kabupaten menyerahkan tanggung jawab kepada pemerintah provinsi untuk dikelola. Sehingga seluruhnya bisa merata bagi seluruh sekolah dan tidak dipilah-pilah.

“Jika dilihat memang masih banyak keterbatasan komputer dan lainnya. Tapi pastinya akan didorong untuk kedepan seluruh sekolah tingkat SMP dan SMA dapat melakukan ujian online,” pintanya.

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Ambon, Taha Abubakar menambahkan, dari pengawasan serta koordinasi yang diterima komisi, memang ada beberapa sekolah belum sepenuhnya memiliki fasilitas komputer. Namun ada berbagai upaya yang dilakukan dengan mencari solusi untuk memperbolehkan siswa yang memiliki laptop pribadi untuk berpartisipasi dalam ujian nasional online.

Namun hal tersebut, lanjut dia, tergantung koordinasi maupun proaktif dari komite, guru dan kepala sekolah. Sehingga tidak mematahkan semangat para siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional berbasis online.

“Kita harus terus memberikan dukungan bagi sekolah-sekolah yang masih memiliki keterbatasan fasilitas. Karena sekalipun terbatas, tetapi semangat mencerdaskan anak bangsa masih dimiliki.

Tinggal bagaimana seluruh pihak terkait dapat bekerja sama. Karena memang semua sekolah digerakan untuk melaksanakan ujian berbasis online. Entah seperti apa, tapi minimal harus ada punya persiapan. Dan memang sebagian besar sekolah sudah siap melaksanakan ujian nasional online,” ucap Taha.

Politisi PPP ini berharap, dengan adanya semangat dari pihak sekolah maupun siswa, orang tua siswa harus tetap memberikan dukungan yang penuh bagi anak-anaknya. Karena semangat dari orang tua, sangat dibutuhkan.

“Setidaknya juga butuh dukungan orang tua. Agar semangat yang dimiliki siswa tidak mudah patah. Dan semoga ada perhatian dan dorongan yang lebih dari orang tua,” pesannya. (ISL)

Most Popular

To Top