4 Terduga ISIS Digelandang ke Polda – Ambon Ekspres
Trending

4 Terduga ISIS Digelandang ke Polda

2 Pucuk Senpi Diamankan Polisi

AMBON,AE— Tim penyidik dari Satuan Reserse Kriminal Polres Seram Bagian Barat yang di bantu tim dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Maluku, hingga kini masih terus melakukan penyelidikan guna mengungkap keterlibatan keenam warga yang diduga merupakan pengikut dari organisasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), yang diamankan Sabtu kemarin, disejumlah tempat yang ada di Maluku.

Informasi yang diperoleh koran ini di Mapolda Maluku, Senin kemarin, dari hasil pemeriksaan sementara tim kepolisian tersebut, keenam terduga pengikut organisasi State of Iraq and Syria (ISIS) yang diamankan itu, dua orang hingga kini masih menjalani pemeriksaan secara intensif di mapolres Seram Bagian Barat.

“Dua orang masih diperiksa dan diamankan sementara di Mapolres Seram Barat. Mereka yang masih menjalani pemeriksaan itu adalah EI alias E (27), dan R alias I, (36). Diperiksa secara intensif untuk dikembangkan lebih jauh lagi,”jelas sumber.

Sementara empat orang lainnya, lanjut sumber ini telah dibawa ke Ambon, oleh tim dari Polres SBB maupun Polda Maluku, untuk diperiksa lebih lanjut di Polda Maluku. Terduga yang telah dibawa ke Polda itu diantaranya, SH alias R (22), kemudian MT alias A (25), KK alias A (30) serta MA alias A (20).

Keempat orang tersebut sementara berada di Mapolda Maluku. “Empat orang sudah dibawa ke Ambon, tadi oleh tim dari Polres dan Polda,”terang sumber.Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Maluku, Ajun Komisaris Besar Polisi Sulaiman Waliulu, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin kemarin. Menurut Waliulu, keempat orang terduga pengikut yang telah di bawa ke Ambon itu, kini berstatus wajib lapor.

“Empat orang terduga yang memang informasinya telah dibawa ke Ambon itu, juga sementara masih dilakukan pemeriksaan secara intensif. Namun tidak menutup kemungkinan mereka (empat terduga red), berstatus sebagai wajib lapor,”jelasnya.

Dia menegaskan, untuk perkembangan dari proses penyelidikan yang sementara tengah dilakukan guna mencari kebenaran pasti terkait dengan keenam terduga pelaku tersebut, pihaknya belum bisa membuka lebih jauh lagi. _Pasalnya, sampai saat ini, pihaknya belum menerima laporan resmi dari pihak Polres Seram Bagian Barat.

“Kita tunggu saja sampai hari Selasa besok, karena tim dari Ditreskrimum juga sementara masih melakukan pemeriksaan baik terhadap keempat terduga yang berstatus wajib lapor maupun kedua orang lainnya. Lagi pula pihak Polres sana (SBB), belum juga berikan laporan resmi kepada saya terkait dengan kasus ini,”terang perwira menengah Polda ini.

Terpisah, tim kepolisian dari Direktorat Reserse Kriminal Umum, Polda Maluku mengamankan barang bukti berupa 2 Senjata Api (Senpi) Laras pendek, yang diduga milik dua terduga pendukung Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Kedua terduga pemilik Senpi tersebut saat ini sudah ada di rumah tahan Mapolda Maluku, sejak beberapa waktu lalu. Informasi yang diperoleh koran ini, kemarin menyebutkan, kedua terduga itu diamankan saat bersamaan dengan dipulangkannya eks anggota GAFATAR, dari Kalimatan beberapa waktu lalu.

Dari hasil yang didapatkan Ambon Ekspres, tim dari Direktorat Reskrimum Polda Maluku, yang dipimpin langsung oleh AKP George Siahaya, melakukan penggeledahan barang bukti di kediaman kedua oknum yang terduga anggota ISIS di salah satu kawasan di Huamual. Penggeledahan itu sendiri berlangsung sekira pukul 12.00 WIT, Senin siang kemarin.

Saat dilakukan pengerebekan di rumah terduga anggota ISIS tersebut, tidak ada perlawanan dari masyarakat. Mereka berhasil mengamankan 2 Senjata Api revofer (Senpi) laras pendek tipe VN. (AHA/CR1)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!