Abua: Tunggu Saja Pilihan Rakyat – Ambon Ekspres
Trending

Abua: Tunggu Saja Pilihan Rakyat

Empat Kandidat Siap Maju di Malteng

AMBON,AE— Abua Tuasikal tak kendor semangatnya untuk bertarung keduakalinya dalam Pemilihan Bupati di Maluku Tengah. Siapapun lawannya dalam pemilihan nanti, bukan masalah. Kini strategi pemenangan sudah dimantap, termasuk memperkuat kepercayaan rakyat kepadanya.

“Yang akan bertarung di pilkada Malteng, berarti kan lawan saya. siapapun kandidat tetap akan saya lawan dong. Lawan dalam konteks merebut kepercayaan rakyat. Kalau rakyat percaya saya, berarti mereka kalah, kalau rakyat percaya mereka, saya kalah. Tunggu saja pilihan rakyat,” ungkap Abua, kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Hitungan dia, sederhana, siapa yang sudah buktikan kerja di tengah masyarakat, tentu memiliki modal politik besar untuk menang dalam pilkada. Kata dia, pilkada bukan sekadar bicara kekuatan finansial, tapi modal sosial jauh lebih penting. “Dan saya punya kepercayaan rakyat,” jawab dia, ketika ditanya soal tingginya kepercayaan rakyat kepadanya.

Terkait isu pemekaran, kata dia, pemerintahannya memberikan kebebasan bagi setiap daerah untuk mekar menjadi kabupaten, sepanjang itu memenuhi aturan. “Saya ini kan bupati. Bupati itu bekerja dibawah aturan. Setiap pengusulan pemekaran, patokannya kan aturan. Jadi tidak ada yang membatasi aspirasi masyarakat untuk proses pemekaran,” kata dia.

Sejak lama, kata Abua, proses pemekaran juga didorong, bukan satu daerah, tapi ada beberapa daerah. “Kita inginkan ketika diusulkan langsung tercapai aspirasinya. Bukan diusulkan lalu ditolak di pusat. karena itu, kita benahi yang belum-belum tuntas. Kalau sudah tuntas, kan semua akan beres,” kata dia.

Di tempat terpisah, politisi senior Golkar, Hamzah Sangadji mengaku siap maju lagi. Saat dihubungi Ambon Ekspres via seluler, Senin (15/2), Hamzah mengatakan, saat ini Golkar dan PDIP menjajaki koalisi. Penjajakan ini bukan hanya untuk hitungan politik, namun konsep akselerasi pembangunan Maluku Tengah.

“Saat ini, Golkar dan PDIP sedang jajaki koalisi untuk Pilkada Malteng. Ini dilakukan dalam kaitannya dengan mengusung kader. Selain itu, juga menyatukan konsep mengenai akselerasi atau percepatan pembangunan di Malteng,”kata Hamzah.

Hamzah menuturkan, pada Pilkada Malteng 2012 dengan konsep perubahan, yakni akselerasi atau percepatan pembangunan di Malteng, namun ia kalah. Karenannya, Hamzah membangun kontrak politik dengan Abua Tuasikal, dengan kesepakatan dukungannya diberikan kepada Abua dan konsep akselerasi harus direalisasikan.

“Karena itu, saya membuat koalisi dengan pak Abua dengan kontrak politik yang kami sepakati secara tertulis, agar konsep akselerasi pembangunan yang saya ajukan dapat dimasukkan dalam program kerja lima tahun pemda Malteng,”urai dia.

Sekretaris DPD PDIP Maluku, Lucky Wattimury saat dikonfirmasi mengaku, saat ini PDIP sudah melakukan penjajakan dengan sejumlah partai, bukan hanya Golkar. Ini dilakukan, karena PDIP hanya memiliki 5 kursi sehingga tidak bisa mengusung calon sendiri.

“Hehe, semua partai. Bahkan, PDIP juga terbuka untuk partai lain ajak koalisi. Sebab dari jumlah kursi dewan, PDIP hanya 5 kursi, Itu berarti butuh koalisi,”singkat Lucky via sms.
Saadiah Maju

Sementara itu, Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Saadiah Uluputty memastikan diri bertarung pada Pilkada Maluku Tengah 2017. Bahkan, PKS juga telah menjajaki komunikasi dengan sejumlah partai dan figur untuk posisi calon wakil.

“Pada Rakorda DPD PKS Malteng, kader dan pengurus PKS Malteng menginginkan saya maju di Pilkada Malteng. Saya sendiri juga telah menyatakan sikap siap maju dalam keadaan apapun. Sebab, sebagai kader, baik ringan maupun berat harus bisa menyiapkan diri,” kata Saadiah kepada Ambon Ekspres via seluler, kemarin.

Disinggung soal wakil, anggota DPRD asal Maluku Tengah itu mengaku, masih dalam penjajakan.”Masih dalam tahap penjajakan dengan teman-teman partai lain. Memamg ada beberapa teman yang minat bergabung dengan PKS. Tapi, belum bisa disebut siapa-siapa orangnya,” tambah tokoh Jazirah itu.

Majunya Saadiah juga diakui, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahera (PKS) Provinsi Maluku, Asiz Sangkala.“Saya Rakorda PKS Malteng dan melihat arus kuat kaders dan pengurus dari tingkat kecamatan(DPC) dan kabupaten (DPD), agar ada kader yang maju dakam Pilkada Malteng 2017. Diantara yang hadir, Ibu Saadiah Uluputty hadir dan menyatakan niatnya maju,”akui Asiz.

Wakil ketua DPD PKS Malteng, Musriadin mengaku, saat PKS masih melakukan komunikasi dengan sejumlah partai lainnya, diantaranya Golkar (5 kursi), PKPI (4 kursi), dan PKB (4 kursi) guna membangun koalisi. Namun, baru PKPI yang menyetujui koalisi dan mengusung ketua DPK, Abraham Picarima berpasangan dengan Saadiah.

Dengan demikian, sampai kemarin, sudah empat kandidat siap maju, mereka adalah Abua Tuasikal, Jusuf Latuconsina, Hamzah Sangjadji, dan Saadiah Uluputty.(TAB)

Most Popular

To Top