Besok, Mukti dan Johan Dilantik – Ambon Ekspres
Trending

Besok, Mukti dan Johan Dilantik

AMBON,AE— Dipastikan, Rabu (17/2) bupati dan wakil bupati kabupaten Seram Bagian Timur dan Kepulauan Aru terpilih, Abdul Mukti Keliobas-Fachri Husni Alkatiri dan Johan Gonga-Muin Sogalrey dilantik oleh Gubernur Maluku, Said Assagaff. Sekitar 250 undangan telah dibagikan. Di hari yang sama, juga dilakukan pelantikan ketua Tim Penggerak PKK dua daerah itu.

Kepastian pelantikan itu sesuai surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri nomor 005/389/SJ tentang jadwal pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang diterbitkan 5 Februari 2016.

Kepala bagian Humas Setda Maluku Andre Adrian mengatakan, persiapan pelantikan sudah dilakukan, baik oleh pemerintah provinsi Maluku maupun pemerintah di dua kabupaten yang akan memiliki bupati dan wakil bupati periode 2015-2020 tersebut.

“Ya, sudah dipersiapkan. Nanti tanggal 17, lusa ( besok) sudah dilantik secara serentak di kantor gubernur Maluku,” katanya via seluler, Senin (15/2).

Kendati begitu, Andre Adrian belum dapat memastikan, menteri dalam negeri Tjaho Kumolo dapat hadir atau tidak dalam pelantikan nanti. “Mungkin Dirjen yang datang,” katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Provinsi Maluku, Jasmono yang dikonfirmasi menegaskan, secara resmi Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo telah menetapkan SK pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati SBT dan kepulauan Aru, sehingga pelaksanaan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih kedua daerah tersebut oleh gubernur Maluku dapat dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2016 sesuai agenda yang telah ditetapkan oleh Mendagri.

Bersamaan dengan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih, juga akan dilaksanakan pelantikan ketua Tim penggerak PKK kabuoaten SB dan kepulauan Aru oleh ketua Tim Penggerak PKK provinsi Maluku .“Undangan disebar kurang lebih 250 undangan,” katanya.

Sementara, persiapan untuk pelaksanaan pelantikan tersebut juga sudah dilakukan oleh Pemprov Maluku dan gladi bersih akan dilaksanakan hari ini, Selasa (16/2) pukul 14 : 00 di Aula lantai tujuh kantor gubernur Maluku. Pemerintah juga telah berkoordinasi pihak kepolisian untuk mengawal jalannya pelantikan nanti.

Jasmono menambahkan, sesuai hasil koordinasi dengan pihak Kemendagri, dipastikan Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara Kemendagri, R. Budiono Subambang, ST, MPM yang akan menghadiri pelantikan tersebut.

Pelantikan bakal tidak hanya dihadiri oleh para pejabat, tapi juga masyarakat dari dua daerah tersebut. Sejumlah masyarakat dari kabupaten SBT terlihat sudah berada di kota Ambon sejak beberapa hari lalu untuk menyaksikan pelantikan bupati dan wakil bupati mereka.(MAN)

Most Popular

To Top