Golkar Usung Dharma, PDIP Pilih Werembinan – Ambon Ekspres
Trending

Golkar Usung Dharma, PDIP Pilih Werembinan

AMBON, AE— Pemilihan Walikota Ambon ramai, Maluku Tengah juga demikian, Maluku Tenggara Barat tak kalah pula. Sejumlah nama sudah membangun konsolidasi. Bahkan langkah itu sudah dilakukan sejak lama. Kini tinggal rekomendasi partai politik yang dikejar.

Politisi Partai Golkar, Dharma Oratmangun memastikan maju dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) 2017. Komunikasi politik telah dibangun dengan sejumlah partai dan bakal calon wakil bupati.

Selain Dharma, sejumlah nama juga telah mengemuka dan digadang-gadang maju dalam Pilkada yang digelar pada Februari 2017. Politisi asal Partai Demokrat Petrus Fatlolon, wakil Bupati MTB sekarang Paulus Werembinan, dan politisi Partai Gerindra Melkyas Saidrekut, serta pengusaha Robert Tanbun.

Saat dihubungi Ambon Ekspres via seluler, Senin (22/2), Dharma mengaku, sudah sangat siap maju sebagai bakal calon Bupati Maluku Tenggara Barat.”Bukan hanya siap. Tetapi, saya sudah sangat siap untuk maju pada Pilkada MTB Februari 2017,”kata dia.

Anggota DPRD Maluku dari daerah pemilihan Maluku Tenggara dan Maluku Barat Daya itu mengaku, sudah menunjukan kinerja baik selama di DPRD. Itu menjadi bukti, dia sangat serius untuk memajukan daerah tersebut.

Dharma juga ingin memberikan kontribusi kepemimpinan dalam rangka membangun MTB lebih baik lagi kedepan. Tentunya, kata dia, dengan cara meyakinkan rakyat dengan sungguh-sungguh.

Dia juga mengaku, telah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai politik. “Saya sudah melakukan komunikasi serius dengan partai–partai politik yang akan mengusung bakal calon dalam proses Pilkada MTB,” akunya.

Sejumlah partai kemungkinan akan mengusung maupun mendukungnya sebagai calon bupati. Pasalnya, berdasarkan hasil survei beberapa lembaga, elektabilitasnya cukup memuaskan. “Beberapa kajian lembaga survei yang juga sudah merekomendasikan hasil survei dengan elektabilitas saya yang cukup baik.

Tidak perlu saya sebutkan. Yang pasti, beberapa lembaga survei yang terukur. Dan, mereka melakukan survei pun tidak ada pesanan saya. Justru mereka menyerahkan hasil survei itu kepada saya, dan itu menjadi sebuah referensi dan penguatan,” paparnya.

Sementara soal Golkar, dia memastikan, telah siap 100 persen memberikan rekomendasi kepadanya. Selain sebagai salah satu ketua DPP, dia juga adalah salah satu kader yang melakukan upaya rekonsiliasi menuju Munaslub yang direncanakan April 2016.

Disinggung soal bakal calon wakil, sekretaris komisi A DPRD Maluku itu mengatakan, akan ditentukan melalui survei dan komunikasi partai-partai politik. “Calon wakil itu tentu dikomuni kasikan dengan partai politik calon pendukung dan pengusung. Maupun melalui kajian survei yang sudah dan tengah dilakukan di masyarakat.

Dalam strategi politik kan ada yang perlu di simpan dulu. Masyarakat sudah menyampaikannya melalui survei,” kata dia tanpa menyebut nama-nama calon balon wakil.

Selain Dhama, sejumlah nama juga digadang-gadang akan bertarung di Pilkada MTB 2017 nanti. Diantaranya, pengusaha Robert Tanbun. Komunikasi politik dengan beberapa balon wakil juga sudah dilakukan.

“Komunikasi Pak Robert dengan beberapa kandidat wakil bupati, memang sudah dilakukan. Tapi, beliau belum menyampaikan kepada kami selaku tim secara terbuka,”ungkap Tim Pemenangan Robert, Boy Sairlela saat dihubungi via seluler, kemarin.

Boy mengaku, dalam waktu dekat, setelah struktur tim pemenangan disiapkan, nama bakal calon wakil disampaikan ke publik.”Sementara ini, struktur tim dalam proses pembentukan. Nanti, setelah tim sudah terbentuk, baru akan lakukan konsolidasi dan menyampaikan secara terbuka kepada publik mengangkut wakilnya,”paparnya.

Wakil Bupati MTB, Petrus Paulus Werembinan juga disebut akan maju lagi sebagai calon Bupati. Bahkan, PDI Perjuangan telah memberikan sinyal dukungan kepada Werembinan.

“Beliau pasti maju. Beliau kader terbaik yang sudah ditugaskan partai sebagai wakil Bupati MTB. Beliau juga pernah menjabat ketua DPRD MTB, karena itu, kami akan mengusung beliau lagi pada Pilkada 2017 mendatang,”kata wakil ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Provinsi Maluku, Tobhyhend Sahureka via sms.

Mantan anggota DPRD Maluku itu mengaku, hingga saat ini belum ada nama balon wakil yang muncul untuk dijadikan pendamping Werembinan. Namun, menurut dia, ada beberapa kader PDIP yang cocok berpasangan dengan Werembinan.

“Belum tahu. Tapi ada beberapa kader yang dapat dipasangkan dengan beliau. Ada Jodon Kelmanutu, Simson Loblony dan John Liur,”sebut dia.

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku, Hendrik Lewerissa mengatakan, partainya akan mengusung sejumlah kader di lima daerah di Maluku pada Pilkada 2017. Kader yang diusung, harus memiliki persyaran elektabilitas, kapasitas dan finansial yang memadai.

“Bukan hanya di MTB, tapi di 5 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada, Gerindra akan mengusung kader terbaiknya. Kader yang akan diusung, tentu harus memenuhi syarat elektabilitas yang tinggi, kapasitas yang mumpuni, kesiapan finansial yang memadai dan kesiapan teknis lainnya,”kata Hendrik via sms.

Namun, lanjut dia, jika syarat-syarat itu belum dipenuhi, Gerindra akan fleksibel dengan memberi kesempatan pada kandidat non kader.”Gerindra juga akan fleksibel memberikan kesempatan bagi non kader yang komit dengan perjuangan Partai Gerindra serta memenuhi syarat utama seperti disampaikan diatas,”urainya.

Sumber Ambon Ekspres yang tak ingin namanya disebut, mengatakan, anggota DPRD Maluku dapil MTB-MBD dari partai Gerindra, Melkyas Saidrekut berkeinginan maju. Namun, belum disampaikan secara resmi, baik kepada partai maupun publik. ”Beliau punya keinginan maju di Pilkada MTB. Nanti, kita lihat saja, apakah beliau akan mendaftar atau tidak, baik di Gerindra maupun partai lainnya,” kata dia.

Sedangkan kepastian politisi Demokrat, Petrus Fatlolon maju sebagai kandidat calon Bupati telah disampaikan kepada Ambon Ekspres beberapa hari lalu. Fatlolon ingin mengambil bagian dalam pesta demokrasi lokal itu, dalam rangka membuat perubahan kala dipercayakan oleh rakyat MTB.

“Proses pemilukada merupakan hak semua warga negara ikut berpartisipasi. Kini, sejumlah putra dan putri terbaik Saumlaki menyatakan diri maju dalam Pemilukada. Demikian pula saya, atas dukungan masyarakat, saya pun akan bertarung dalam pesta politik ini,”kata dia.
(TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!