Geger, Bunga Paling Beracun Ditanam di Tengah Kota – Ambon Ekspres
Coffe Break

Geger, Bunga Paling Beracun Ditanam di Tengah Kota

Kita selalu menemukan banyak tanaman bunga di sepanjang jalanan kota. Selain untuk penghijauan, tanaman bunga juga untuk mempercantik tampilan kota.

Namun bagaimana jika bunga yang ditanam itu adalah tumbuhan paling beracun? Pasti masyarakat akan geger dan takut berada di dekat jalanan, bahkan taman-taman kota.
Itulah yang kini tengah terjadi di Kota Qassin, Jeddah, Arab Saudi. Jalanan dan taman kota di sana saat ini ditumbuhi oleh tanaman beracun, Oleander. Warga kaget alang kepalang.

Pantas saja warga panik. Sebab, bahaya bunga yang ditanam di sepanjang jalan dan taman-taman kota itu dampaknya sangat luar biasa. Bisa menyebabkan diare, mual, infeksi mata, hingga kematian.

Menurut laman Arab News, Senin 21 Maret 2016, Departemen Pertanian Saudi telah meminta pemerintah Kota Qassim menghentikan penanaman bunga beracun itu. Surat imbauan telah disampaikan departemen kepada Walikota Qassim, Saleh Al-Ahmad.

“Departemen memperingatkan penyebaran tanaman, seperti tanaman oleander yang sangat beracun yang mengandungmaterial sangat beracun oleandrin dan oleandrigenin. Berpengaruh pada jantung dan menyebabkan diare, mual, sakit perut, kelainan jantung dan peradangan mata dengan kontak langsung dengan tanaman,” demikian surat dari Departemen Pertanian Saudi.

Surat itu memerintahkan penghentian penanaman bunga beracun di jalanan, taman-taman kota, dan tempat-tempat lain, terutama yang bisa dijangkau oleh anak-anak.

Sementara, pemerintah Kota Qassim tidak membantah bahwa sebagian tanaman dan bunga yang mereka tanam –sebagaimana dilarang oleh Departemen Pertanian– telah ditanam di sejumlah wilayah mereka. Saat ini mereka tengah berusaha mengganti tanaman-tanaman itu.

Tanaman oleander memang banyak ditemukan di berbagai tempat, mulai pekarangan rumah hingga taman-taman. Di Indonesia, tanaman ini juga banyak ditanam oleh warga. (Ism/int)

Most Popular

To Top