28 Agustus Pendaftaran Calkada – Ambon Ekspres
Trending

28 Agustus Pendaftaran Calkada

AMBON,AE— Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah 28-30 Agutus 2016. Sementara terkait kampanye, KPU mengembalikan kepada kandidat atau tidak seperti pilkada serentak tahap pertama 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Musa Latua Toekan mengatakan, sesuai rancangan Peraturan KPU (PKPU) Pilkada Bupati, Walikota dan Gubernur 2017, khusus PKPU tentang jadwal, program dan tahapan, pengumuman pendaftaran balon 21-27 Agustus. Sedangkan pendaftaran hanya tiga hari yakni 28-30 Agustus.

“Pengumuman pendaftaran bakal pasangan calon 21-27 Agustus. Kemudian pendaftaran 28-30 Agustus. Sedangkan penetapan pasangan calon yang memenuhi syarat, 30 September 2016. Itu adalah draft rancangan PKPU tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pilkada 2017,” jelas Musa.

Musa mengungkapkan, saat ini KPU Republik Indonesia dan seluruh KPU daerah sudah merevisi PKPU. Terutama yang dinilai dinilai urgen untuk diperbaiki.

“Terutama PKPU yang urgen, seperti terkait dengan pencalonan. Kemudian PKPU tentang rekrutmen PPK, PPS dan KPPS, kampanye PKPU tentang pemungutan dan penghitungan suara, serta PKPU tentang penetapan calon terpilih. Jadi, masih menunggu revisi undang-undang nomor 8 tahun 2015 untuk disesuaikan,” paparnya.

Terkait KPU, lanjut Musa, dikembalikan kepada masing-masing kandidat. Pada Pilkada 2015 lalu, banyak peserta Pilkada pihak lain menilai tidak adil, karena nyaris semuanya dilakukan oleh KPU.

“Terkait dengan kampanye, itu dibiarkan, jangan sampai KPU dianggap tidak adil, makanya dikembalikan kepada masing-masing calon untuk mencetak APK (alat peragam kampanye). Tidak lagi dilakukan oleh KPU selaku penyelenggara,” katanya.

Hasil revisi lainnya terhadap PKPU pencalonan, yakni KPU hanya menerima rekomendasi dari  DPP partai politik yang disahkan oleh pemerintah melalui surat keputusan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM). Perubahan lainnya soal data awal Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tak lagi berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

“Kemudian soal DPT, dalam ketentuan terbaru, DPT tak lagi menjadi domain Dukcapil. Tetapi, data awal pemilih menggunakan DPT pemilu terakhir yang kemudian dijadikan DP4 (daftar penduduk potensial pemilih pemilu),” urainya.
Akhir Jabatan

Seperti diketahui, Pilkada serentak 2017 di Maluku dilaksanakan oleh lima daerah, yakni kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Maluku Tenggara Barat (MTB), Buru, Seram Bagian Barat (SBB) dan kota Ambon. Pemerintah berencana menggelar Pilkada serentak secara nasional 15 Februari 2017.

Musa melanjutkan, sesuai catatan KPU Provinsi Maluku, masa akhir jabatan (AMJ) Richard Louhenapessy dan Sam Latuconsina selaku Walikota dan wakil Walikota berakhir pada 4 Agustus. Kemudian Bupati dan wakil Bupati SBB Jacobus Puttileihalat-Muhammad Husni 20 September 2016.

“Sedangkan akhir masa jabatan Bupati dan wakil Bupati Malteng (Abdullah Tuasikal-Marlatu Leleury) 11 September 2017, Buru (Ramli Umasugi-Johana Soedrajat) 2 Februari 2017, dan MTB (Bito Temar-Paulus Werembinan) 16 April 2017,” sebut dia.

Dengan demikian, lanjut dia,  Kota Ambon dan SBB akan dipimpin caretaker selama beberapa bulan. “MTB satu hari setelah pemilihan suara harus ada caretaker. Kalau kota Ambon dan SBB otomatis ada caretaker. Kepala daerah yang masa jabatannya sampai selesai Pilkada, hanya Malteng,” pungkasnya. (TAB)

Most Popular

To Top