Bupati SBT Sering Bolak-Balik Jakarta – Ambon Ekspres
Trending

Bupati SBT Sering Bolak-Balik Jakarta

AMBON, AE— Belum sebulan memimpin, Bupati Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas justeru sering bolak balik ke Jakarta. Entah apa yang diurus, namun sudah berulangkali dia meninggalkan SBT. Perombakan birokrasi yang dijanjikan hingga kini belum juga dilakukan.

Saat ini, mantan ketua DPRD SBT tersebut  masih berada di Jakarta. Sementara, birokrasi pemerintahan di SBT membutuhkan kebijakan segera, mengingat masih ada jabatan-jabatan penting yang diduduki pejabat yang bermasalah dengan hukum serta pejabat yang tidak berkompeten.

Sebut saja jabatan kepala dinas Pekerjaan Umum yang ditinggalkan Nurdin Mony. Nurdin  kini mendekam dibalik jeruji besi lantaran divonis  bersalah dalam kasus korupsi. Bupati sebelumnya, Abdullah Vanath mengangkat asisten I setda Maluku, Moksin Ohorella sebagai pelaksana tugas (Plt) kepala dinas PU. Padahal, Moksin Ohorella telah  ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana penyuluhan.

Mukti Keliobas  yang dilantik bersama Fachri Alkatiri  pada 17 Februari lalu itu, memang telah memulai perombakan birokrasi. Namun yang dilakukannya dinilai keliru.
Sebabnya, Mukti melengserkan Moksin Ohorella dari kursi  kepala dinas PU  dan mengangkat kepala Inspektorat Umar Billamahmar pada jabatan itu.  Sementara, Moksin Ohorella yang telah jadi tersangka itu dipertahankan pada jabatan asisten I Setda SBT.

“Bagi kami, ini kebijakan yang keliru, karena yang diangakat adalah kepala inspketorat, pejabat pada instansi yang bertugas mengawasi dan mengaudit SKPD lain. Kalau diangkat sebagai Plt kadis PU, lalu bagaimana dia mengaudit dinas PU itu sendiri, sementara dia juga pimpina di PU,” kata Tokoh pemuda SBT, Darson Rumatiga, di Ambon, Senin (28/3).

Menurut pengurus Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Maluku itu, bupati SBT harus menganulir pengangkatan Umar Billahamar pada jabatan kepala dinas PU. Sehingga, Billahmar lebih fokus dalam pekerjaan sebagai kepala Inspektorat.

Pemuda lain SBT, Muhammad Gurium mempertanyakan  komitmen bupati kabupaten SBT untuk merombak birokrasi pemerintahan di sana. Sudah satu bulan lebih pernyataan bupati itu disampaikan pada hari pelantikannnya sebagai bupati SBT oleh gubernur Maluku, Said Assagaff, bulan lalu.

“Kita mempertanyakan statemen yang disampaikan oleh bupati kabupaten SBT bahwa program seratus hari kerja adalah akan ada perombakan birokrasi, ada rolling  di birokrasi SBT. Tapi sampai saat ini belum dilakukan. Masa seratus hari kerja sudah hampir selesai, tapi belum ada kepastian, kapan birokrasi dirombak,” kata aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Ambon ini.

Saat ini, bupati harus mengurangi jadwal kepergian ke daerah lain, sehingga  memiliki waktu yang  menetap di SBT agar lebih berkosentrasi untuk menata birokrasi di sana serta membangun daerah itu menjadi lebih baik.

Pemuda lain dari SBT, Novi Manaban mengatakan, Bupati SBT harus menunjukkan komitmennya menata kabupaten SBT menjadi lebih baik. Apalagi ini telah disampaikan ke publik di daerah itu saat kampanye menjelang Pemilukada, akhir tahun 2015 lalu.

Manaban menegaskan, bila sampai masa seratus hari kerja bupati dan wakil bupati SBT selesai, namun belum ada perombakan birokrasi, pihaknya menilai, pemerintahan saat ini lebih buruk dari pemerintahan sebelumnya.

Ditegaskan, bupati dan wakil bupati harus mewujudkan kabupaten SBT menjadi daerah yang lebih baik dalam segala hal sesuai visi dan misi yang dikampanyekan kepada masyarakat di sana.

Dimintai pendapatnya,  Manaban mengatakan, yang harus dirombak adalah jabatan-jabatan  yang saat ini diduduki para pejabat yang sedang tersangkut kasus dugaan korupsi maupun yang sudah pernah divonsi bersalah oleh pengadilan.

“Termasuk dinas Pekerjaan Umum, harus diisi  dengan kepala dinas yang defenitif, agar roda birokrasi berjalan dengan baik,” kata pengurus  Gerakan Pemuda Marhain Maluku itu.
Sementara itu, bupati SBT Mukti Keliobas dan wakilnya Fachri Husni Alkatiri yang dihubungi untuk dikonfirmasi, namun belum  memberikan penjelasan tentang rencana perombakan birokrasi di SBT.(MAN)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!