JMP Diresmikan Bulan Ini – Ambon Ekspres
Trending

JMP Diresmikan Bulan Ini

AMBON,AE— Direncanakan,  Jembatan Merah Putih akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan ini. Hal ini dilakukan setelah pemerintah daerah bersama Kementerian Pekerjaan Umum melakukan uji coba beban diatas jembatan yang menghubungkan desa Galala dengan desa Poka itu. Pemerintah terus menunjukkan perhatian pada masalah transportasi di derah ini.

Sebelumnya, gubernur Maluku Said Assagaff  mengatakan, rencana peresmian JMP oleh Presiden Joko Widodo telah dibicarakan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan  Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono, dan disepakati JMP diresmikan Presiden pada bulan ini. Setelah diresmikan, baru dapat difungsikan.

Hanya saja belum dipastikan tanggal peresmian tersebut, mengingat masih harus disesuaikan dengan agenda Presiden. “Belum ada informasi tentang tanggalnya. Perlu disesuaikan dengan jadwal Presiden, jangan sampai kita salah memberikan informasi,” kata Kepala Bagian Humas Setda Maluku, Bobby Kin Palapia, Jumat (1/4).

Tanggal 3 Maret lalu, pemerintah daerah bersama kementerian PUPR melakukan uji cpoba beban JMP menggunakan 44 Truck berisi beban masing-masing  8 ton dengan total  beban 352 ton. Pemerintah memastikan, setelah JMP difungsikan, tidak memungut biaya dari para  pengguna jembatan itu.

TRANSPORTASI  DI MALUKU
Sementara itu, pemerintah terus menaruh perhatian pada masalah transportasi di Maluku, baik darat maupun transportasi laut.

Untuk transportasi laut, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Benny Gasperz mengatakan, telah mengusulkan tambahan kapal perintis untuk melayani masyarakat di sejumlah kabupaten/kota di Maluku.

“Setiap tahun kita ada rakor (Rapat Koordinasi) perintis, itu kita bahas  usulan perintis ke kabupaten/kota maupun juga KPLP  yang menangani perintis. Dan saat ini memang di Maluku sudah ada 18. Kita tambah untuk tahun ini itu tiga,” katanya di kantor gubernur Maluku.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan telah memberikan isyarat  positif  tentang usulan tersebut, sehingga  Benny Gasperz berharap sudah  terwujud di tahun  2017 nanti.

“Janji pak menteri untuk menambah tiga kapal baru itu, mudah-mudahan 2017 sudah terwujud. Kami sudah rapat dan sampaikan bahwa kemungkinan kita tambah tiga kapal lagi,”tegasnya.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berusaha memaksimalkan  manfaat tol laut. Menteri Perhubungan (Menhub) Iganisus Jonan seperti dikutip dari website Kemenhub tanggal 30 Maret, berharap, dengan tol laut  arus barang bisa lebih cepat dan merata serta menurunkan harga barang, khususnya harga barang-barang pada daerah terluar dan terdalam di Indonesia.

Untuk memperkuat jaringan pelayanan rute angkutan penumpang perintis laut, dan untuk keamanan pelayaran seperti kapal navigasi, menurut Menhub, pihaknya telah memesan 100 kapal.

“Tahun lalu itu kita memesan 100 kapal, jadi buat kapal perintis maupun kapal navigasi, maupun kapal KPLP untuk memperkuat jaringan pelayanan rute angkutan penumpang perintis laut juga untuk kemanan pelayaran seperti ada kapal navigasi,” kata Menhub Ignasius Jonan saat memberikan keterangan pers usai rapat terbatas mengenai Dwelling time di kantor Kepresidenan, Selasa (29/3), yang disiarkan melalui Website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Untuk peningkatan rute angkutan penumpang perintis, menurut Menhub, pada tahun 2015 ada sebanyak 86 rute, tahun 2016 ada 96 rute atau trayek, dan tahun 2017 direncanakan ada penambahan 10 trayek menjadi 106 rute. “Jadi bertahaplah gitu. Tapi kosentrasinya, dari 96 trayek yang tahun ini pun itu hampir 65 persen itu adanya di wilayah timur,”ujarnya.

Dia menyebutkan, rute perintis ini difokuskan pada wilayah timur Indonesia karena  65 persen pembangunan pelabuhan perintis ada di wilayah timur Indonesia.

Menurut Jonan, pada 2015 Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan 35 pelabuhan yang tersebar merata dari Indonesia bagian barat hingga timur. Ia mengatakan ada 65 pelabuhan perintis yang akan dibangun sehingga total ada 91 pelabuhan perintis.

“Ya 35 pelabuhan yang kami akan usulkan untuk diresmikan Bapak Presiden. Kalau Bapak Presiden masih ada waktu lagi, saya akan usul lagi 65 pelabuhan lagi kalau mau. Jadi total 91,” jelas Menhub.

Lebih lanjut, Jonan mengatakan pemerintah juga menunjuk PT Pelni sebagai operator freed-liner, istilah dari angkutan barang dengan kapal yang terjadwal. Ia mengatakan, di tahun 2015 ada 3 rute pelayaran, dan ditambahkan lagi 3 rute pada 2016 menjadi 6 rute pelayaran freed liner. Diharapkan dengan freed-liner, mampu menekan harga-harga pada wilayah timur Indonesia.

Terpisah, Kepala Badan Perbatasan Daerah Maluku Rony Tairas mengatakan, saat ini pemerintah pusat juga mulai membangun jalan strategis   di tiga daerah yang masuk wilayah perbatasan yakni kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku Barat Daya (MBD), dan kebupatan Kepulauan Aru. Ini dilakukan melalui program pusat kegiatan strategis nasional (PKSN).

“Kita di Maluku ada tiga PKSN tetapi baru dimulai tahun ini di Saumlaki. Selain itu, juga  Ilwaki (MBD) dan Dobo (Aru) pada  tahun-tahun berikutnya. Anggarannya Rp100 miliar melalui APBN untuk membuka akses di  di wilayah perbatasan, sampai di kecamatan dan desa,” katanya, di Ambon.

Rony Tairas menjelaskan, salah tujuan penting PKSN adalah menyediakan akses yang luas guna memperlancar distribusi bahan sembako hingga di  pedesaan, sehingga bisa menurunkan harga bahan Sembako di sana.

“Ini program Presiden dalam rangka membantu masyarakat di pinggiran dengan menekan harga sembako di wilayah tersebut yang cukup signifikan. Contohnya saja, beras yang kita terima di sini (kota Ambon) Rp6000, di sana bisa Rp20 ribu. Karena faktor akses itu. Dengan adanya PKSN, adanya Tol laut akan mempermudah dalam hal memasukkan bahan-bahan sembako sampai di pedesaan,” jelasnya. (MAN)

Most Popular

To Top