Hari Ini Jokowi Resmikan JMP – Ambon Ekspres
Trending

Hari Ini Jokowi Resmikan JMP

AMBON,AE— Direncanakan, hari ini Presiden Joko Widodo kembali berkunjung ke Maluku. Berulangkali, Gubernur Said Assagaff berhasil mengundang mantan Gubernur DKI Jakarta ke Maluku.

Kali ini kedatangannya  untuk meresmikan  Jembatan Merah Putih (JMP) yang membentang diatas teluk Ambon. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk peresmian jembatan terpanjang di wilayah timur Indonesia itu. Dari Kota Ambon, Presiden menuju kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Rencana kedatangan mantan gubernur DKI Jakarta itu terkesan mendadak. Ini setelah gubernur Maluku, Said Assagaff  berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono serta pihak Istana. “Rencananya, bapak Presiden tiba besok sore ( hari ini),” kata Kepala Bagian Humas Setda Maluku Bobby Kin Palapia kepada Ambon Ekspres via seluler, Minggu (3/4).

Kemarin, terlihat persiapan mulai dilakukan dengan membersihkan lantai jembatan yang menghubungkan desa Galala dengan desa Poka itu. Beberapa kepala SKPD juga terlihat di sana, sore kemarin.

“Memang kita belum mendapat kepastian, Presiden tiba jam berapa, karena belum ada informasi resmi dari protokoler kepresidenan. Tapi, tentu kita sudah harus melakukan persiapan, supaya jam berapa pun beliau datang, kita siap. Kita juga belum tahu pasti agenda lain di Maluku,” kata kepala dinas Pekerjaan Umum (PU) Maluku Ismail Usemahu.
Jembatan Merah Putih merupakan tipe jembatan khusus, sistem beruji kabel atau cable stayed  dengan jarak antar pilon sepanjang 150 meter.

Jembatan yang dibangun  sejak 2011 tersebut menghabiskan anggaran sekitar  Rp 772,9 miliar. Dana tersebut termasuk biaya pembangunan underpass Jalan Sudirman sebagai tempat berputar kendaraan dari dan menuju ke Jembatan Merah Putih.

Jembatan sepanjang 1.140 meter itu terdiri dari jembatan pendekat desa Poka (Poka approach bridge) sepanjang 520 meter, jembatan pendekat sisi desa Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 meter, dan jembatan utama sepanjang 300 meter. Sementara tinggi jembatan ini mencapai 34.1 meter di atas permukaan laut.

Pembangunannya dimulai sejak 17 Juli 2011 dan membutuhkan total biaya senilai Rp 772,9 miliar. Dana tersebut termasuk biaya untuk pembangunan bangunan pelengkap yaitu underpass Jalan Sudirman sebagai tempat berputar kendaraan dari dan menuju ke Jembatan Merah Putih.

PENGAMANAN
Sementara itu, ribuan personil aparat keamanan diterjunkan untuk mengamankan kedatangan Presiden RI, Joko Widodo, ke Kota Ambon dalam rangka peresmian Jembatan merah Putih.

Pengamanan ini akan dilakukan secara VVIP, mulai dari kawasan bandara Internasional Pattimura Ambon, hingga ke lokasi peresmian jembatan tersebut. “Untuk pengamanan kedatangan RI 1, sudah kita siapkan, mulai hari ini juga (Minggu red).

Ribuan personil, pengamanan secara VVIP, sesuai dengan standar pengamanan RI 1 dan RI 2,”kata Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Arh Hasyim Lalhakim, saat dikonfirmasi Ambon Ekspres, Minggu sore kemarin.

Menurut pria dengan tiga melati dipundaknya itu, pengamanan terhadap kedatangan mantan Gubernur DKI itu, dilakukan sama dengan kedatangannya beberapa waktu lalu, dalam rangka pembukaan Pesparawi nasional itu.

“Mulai dari bandara Pattimura, hingga ke lokasi kegiatan. Kemudian tempat-tempat yang akan dilalui maupun dilewati oleh pak Presiden. Pengamanan sama dengan pak Wapres kemarin,” terangnya.

Pengamanan itu, lanjut Hasyim melibatkan seluruh personil pengamanan gabungan TNI/Polri, maupun perhubungan dan pemadam kebakaran. “Kita sesuaikan dengan Paspamres. Memang pengamanan tanggungjawab kami namun juga ada Paspamres. Untuk Polri juga kita libatkan tetapi untuk ring satu ada TNI dan Paspampres,” tutupnya. (MAN/AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!