Jusuf Latuconsina Cari Pasangan – Ambon Ekspres
Trending

Jusuf Latuconsina Cari Pasangan

AMBON,AE— Bakal calon Bupati dan wakil Bupati Maluku Tengah, Hamzah Sangadji-Alex Robert Tutuhatunewa mengaku telah berpasangan secara resmi. Sementara Jusuf Latuconsina akan menentukan wakil setelah survei. Jusuf juga mengaku, punya basis fanatik di semua kecamatan.

Saat dihubungi Ambon Ekspres lewat telepon genggam, Minggu (3/4) Jusuf Latuconsina mengatakan, sudah mendaftar di PDI Perjuangan, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar dan Partai Gerakan Indonesia (Gerindra). Ia juga akan mendaftar partai lainnya, jika pendaftaran sudah dibuka.

“Saya sudah mendaftar di PDIP, Nasdem, PKB dan Gerindra serta Golkar. Sudah mendaftar di seluruh partai yang telah membuka pendaftaran. Kalau ada partai yang dalam waktu dekat membuka pendaftaran, saya juga akan mendaftar,”kata Jusuf.

Terkait bakal calon wakil, mantan Sekretaris daerah (Sekda) Maluku Tengah itu mengaku, sekitar 8 kandidat yang membangun komunikasi dengannya. Namun, keputusan untuk memilih satu diantara mereka akan ditentukan sesuai hasil survei.

“Balon wakil yang berkeinginan dengan saya, itu sekitar 8 orang. Dari semua kalangan. Bukan hanya dari kalangan politisi atau birokrasi. Karena itu saya membutuhkan survei. Lewat survei itulah saya ajak untuk tidak mengecewakan yang lain ketika saya sudah menentukan wakil. Sekitar Juni baru bisa saya tetapkan,” papar dia.

Hanya saja, salah satu komisaris PT Bank Maluku-Maluku Utara itu belum mau mengumbar nama-nama bakal calon wakil ke publik. “Karena itu, kita akan lakukan survei. Saya belum bisa menyebutkan siapa-siapa yang membangun komunikasi dengan saya,”ujar dia.

Jusuf juga mengaku, telah melakukan kerja politik guna peningkatan elektabilitas, popularitas dan akseptabilitas. Ia mengklaim, memiliki basis fanatik di semua kecamatan di Malteng.

“Saya sudah kerja dan saya punya basis fanatik. Basis saya yang pasti ada di setiap kecamatan. Saya merawatnya dari tahun ke tahun, baik pemilihan kepala daerah tingkat II maupun gubernur. Memang ada yang pergi, tapi sebagian yang datang. Tidak seperti kandidat lain yang tiba saat tiba akal,”akuinya.

Soal rekomendasi, dia tak mau mendahului keputusan partai. Tapi, komunikasi sudah dilakukannya dengan pimpinan partai, baik di tingkat kabupatan, provinsi maupun pusat.
Sementara itu, Hamzah Sangadji dan Alex Robert Tutuhatunewa secara resmi telah berpasangan sebagai bakal calon pasangan Bupati dan wakil Bupati Malteng.” Ya, kami sudah  final berpasangan,”kata pria yang biasa disapa Robby itu lewat telepon genggamnya.

Kendati pasangan ini berasal dari Partai Golkar dan PDI Perjuangan, namun Robby menilai tidak ada masalah. Kata dia, tang terpenting adalah sama-sama punya visi dan misi untuk membangun Malteng jauh lebih baik ke depan.

“PDI Perjuangan sudah berpengalaman berpasangan dengan partai Golkar. Pak Karel dan pak Said Assagaff saat pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku 2013, itu kan koalisi Golkar dan PDIP. Itu bukan persoalan. Kita punya visi yang sama untuk pembangunan Maluku Tengah kedepan. Jadi menurut hemat saya, tidak ada persoalan Golkar dan PDIP untuk menyusun agenda pembangunan secara bersama-sama,”paparnya.

Hamzah dan Robby telah mendaftar di Partai Amanat Nasional (PAN) Nasdem, PKB, PKS, Golkar dan PDIP. Mereka juga akan mendaftar di partai lainnya.”Kami juga menunggu beberapa partai yang kemudian membuka pendaftaran, kami juga akan mendaftar,”ucapnya.
Komunikasi politik tetap dilakukan dengan partai-partai tersebut. Namun, ia dan Hamzah menghargai proses internal partai yang sedang berlangsung.

Sama seperti kandidat lainnya, Hamzah dan Robby telah melakukan sosialisasi dan konsolidasi untuk meningkatkan elektabilitas, akseptabilitas dan popularitas. Di sisi lain, mereka percaya masyarakat Malteng sudah matang dalam menentukan keputusan politik.
“Kami sudah mulai melakukan sosialisasi dan konsolidasi di masyarakat.

Dan proses ini akan kami lakukan secara perlahan, namun pasti. Karena memang dari sisi waktunya, masih cukup panjang.  Kami juga percaya bahwa masyarakat Maluku Tengah juga sudah punya daya kekritisan di dalam mengambil keputusan politik,”pungka kader PDIP Maluku dan akademisi Universitas Pattimura itu.

Untuk diketahui, sejauh ini sebanyak 13 balon bupati yang telah mendaftar. Diantaranya, Komisaris Besar Polisi Ely Jamaluddin, Azis Mahulette, Tuasikal Abua, Saadiah Uluputty, Hamzah Sangadji, Wahab Talaohu, Jusuf Latuconsina, Rudolf Lailossa, Ibrahim Sangadji, Moda Latupono, Rudolf Pical, dan M. Tadi Salampessy. Sedangkan, wakil bupati yakni Jakob Soakalone, Marlatu Leleury dan Johan Lewerissa.

Sementara itu, dua balon bupati yang diwacanakan maju dan sudah mengambil formulir pendaftaran di PDIP, namun tidak mengembalikan adalah La Ode Haris dan Supyat Haupea.

Dari balon bupati tersebut, dua diantaranya telah menetapkan pasangan dan bersama saat pendaftaran yakni Azis Mahulette- Jakob Soakolune dengan akronim “Ayo Masohi” serta Hamzah Sangadji- Robby Tutuhatunewa sementara balon lainnya belum menentukan pasangan wakil bupati.(TAB)

Most Popular

To Top